Kakanwil Harun Sulianto Temui Pj Gubernur Babel, Bahas Pengukuhan Gugus Tugas Bisnis dan HAM Provinsi

  • Bagikan

PANGKALPINANG, RAKYATSULSEL - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto, melakukan kunjungan ke Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali, di Kantor Gubernur pada Jumat (15/03/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Kakanwil Harun membahas koordinasi terkait pengukuhan Gugus Tugas Bisnis dan HAM Provinsi Babel yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada Rabu, 20 Maret 2024.

Kakanwil Harun menjelaskan bahwa Strategi Nasional Bisnis dan HAM (Stranas BHAM) adalah arah kebijakan nasional yang mengatur strategi dan langkah-langkah untuk kemajuan dunia usaha dengan memperhatikan perlindungan dan pemulihan hak asasi manusia.

Stranas BHAM menetapkan kewajiban Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam melindungi HAM dalam kegiatan usaha, tanggung jawab Pelaku Usaha dalam menghormati HAM, serta akses pemulihan bagi korban dugaan pelanggaran HAM dalam kegiatan usaha.

Untuk menerapkan Stranas BHAM di tingkat daerah Provinsi, dibentuklah Gugus Tugas Daerah (GTD) BHAM yang bertugas mengkoordinasikan dan menyelaraskan pelaksanaan Stranas BHAM di tingkat daerah, melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Stranas BHAM di tingkat daerah, serta melaporkan hasil pelaksanaan Aksi BHAM kepada Gugus Tugas Nasional BHAM.

Pj. Gubernur Babel, Safrizal Zakaria Ali, memberikan dukungan penuh terhadap pembentukan Gugus Tugas Daerah (GTD) sesuai dengan amanah Perpres Nomor 60 tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan HAM.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Bidang HAM, Suherman, serta Kepala Subbidang Pemajuan HAM, Yulizar Akhmad Jaya. (***)

  • Bagikan