Pemkot Makassar Siapkan Transportasi LRT Metro Kapsul

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat menjelaskan desain jalur LRT Metro Kapsul, di Ruang Rapat Wali Kota Makassar, Balai Kota Makassar, Jumat (14/3). Shasa/Rakyatsulsel/A

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar tengah menyiapkan alat transportasi baru yakni Light Rail Transit (LRT) Metro Kapsul.

LRT Metro Kapsul ini nantinya akan menjadi transportasi pendukung untuk Kereta Api Trans Sulawesi di Kota Makassar yakni Metro Capsule.

Di mana, LRT Metro Kapsul ini merupakan kereta api feeder yang akan menjadi transportasi pengumpan untuk kereta api di Kota Makassar yang rencananya dibangun secara elevated (melayang).

Rencananya, Metro Capsule ini akan dibangun secara elevated (melayang) dan at grade (dibawah). Kehadiran LRT Metro Kapsul ini tak hanya menjadi feeder untuk kereta api saja, tetapi dapat menjadi trasnportasi yang dapat menjangkau seluruh wilayah di Kota Makassar.

Dengan rute yang dilewati yakni, mulai dari Bandara Sultan Hasanuddin, Gor Barombong, Somba Opu, Center Point of Indonesia (CPI), Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Lantebung, Sudiang, BTP, Parangloe, Unhas, Daya, Antang, Balang Tonjong, Hertasning, Rappocini, dan kembali ke CPI.

"Jadi dengan metro kapsul kita bisa keliling kota dari ujung ke ujung dari timur ke barat. Ini baru selesai nanti saya cerita lagi untuk fokusnya," terang Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Jumat (15/3).

Danny Pomanto, sapaan akrabnya, menyebut LRT Metro Kapsul ini merupakan transportasi buatan dalam negeri. "Ini kan rencana, kemudian saya akan panggil karena buatan dalam negeri ini," ujar Danny.

Danny melanjutkan, transportasi baru ini juga memiliki biaya pembangunan yang cukup murah. Pasalya, LRT Metro Kapsul ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan ukuran kereta api pada umumnya.

"Metro kapsul itu kecil, tidak seperti kolong jalan tol. Ini murah, yang paling murah sekarang, kendaraan listrik," jelas Danny.

Ia mengatakan dirinya akan menghadap ke Pemerintah Pusat untuk melakukan presentasi terkait desain jalur dari LRT Metro Kapsul. "Teman teman sudah menghadap ke pemerintah pusat untuk mengasistensi ini dan saya akan mempresentasikan ke Kementerian soal ini," tutup Danny. (Shasa/B)

  • Bagikan