IKPPST Gelar Buka Puasa Bersama, Rancang Gerbang Baru Kawasan Wisata Geopark Maros-Pangkep

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ikatan Keluarga Putra Putri Semen Tonasa menggelar buka puasa bersama di kantor perwakilan PT Semen Tonasa di Jalan Chairil Anwar Nomor 1, Makassar, Kamis (28/3/2024).

Buka puasa tersebut juga dirangkaikan dengan tudang sipulung dengan pembicara General Manajer Geopark Maros-Pangkep Dedi Irfan Bachri dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pangkep Zaenal Sanusi.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT Semen Tonasa, Asrudin menyambut baik gagasan gerbang masuk baru ke kawasan Geopark Maros-Pangkep, yang telah mendapatkan pengakuan Unesco.

"Silakan dilakukan kajian yang mendalam, termasuk merumuskan side plan kawasan wisata terpadu, berbasis komunitas tersebut," ujar mantan Direktur Utama Than Long Cement yang berbasis di Vietnam itu.

Asrudin meminta agar setiap gagasan dituangkan dalam suatu masterplan sehingga memiliki contounity, dan tidak sekadar seremonial. Untuk ke depan, kata dia, PT Semen Tonasa akan mengembangkan sayap bisnis, dengan mulai mengembangkan produk turunan Semen.

"Dengan demikian, seluruh Pabrik dapat berproduksi, sehingga memiliki nilai tambah bagi masyarakat," ujar dia.

PT Semen Tonasa memiliki tugas untuk mengoptimalkan value asset, untuk dapat lebih produktif. Hal ini diperlukan untuk memperbaiki rasio return on asset, sehingga tidak menjadi beban bagi PT Semen Tonasa.

Sementara itu, Zaenal Sanusi mewakili pemerintah Pangkep menyatakan kesiapan untuk membangun pariwisata berbasis komunitas, yang dapat mendatangkan wisatawan, melalui gerbang masuk yang terintegrasi dengan kawasan wisata alam Unesco geopark Maros-Pangkep.

Adapun, Dedi Irfan menyebutkan, spot Geopark berada di area asset PT Semen Tonasa, sehingga memerlukan suatu blue print yang lebih detail. Dia mengatakan, spot yang ada fapat menawarkan pengalaman wisata alam yang bernilai ekonomis.

Sementara itu, kegiatan rutin tahunan IKPPST tersebut juga dilaksanakan dengan membagikan paket lebaran bagi Anak Tonasa.

Ketua Umum IKPPST Acram Mappaona Aziz, nilai palet lebaran tersebut bisa saja tidak seberapa. Namun, kata dia, organisasi IKPPST berupaya hadir meringankan sebagian beban dari keluarga Semen Tonasa.

Anak Tonasa yang berhimpun dalam wadah IKPPST merupakan anak karyawan PT Semen Tonasa, dari lintas generasi. Bahkan ada yang bekerja dan sampai pensiun di Tonasa. Diharapkan ke depan, kolaborasi dan sinergi yang terbangun, akan meningkatkan value Semen Tonasa di masyarakat. (*)

  • Bagikan