Nilai Tukar Rupiah Melemah, Pengamat Prediksi Harga Bahan Baku Minyak dan Beras Bakal Terkontraksi 

  • Bagikan
Ilustrasi

Lebih jauh kondisi Pelemahan nilai tukar Rupiah membawa dampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat Indonesia yaitu peningkatan harga contohnya impor.

"Setidaknya ada dua barang impor yang menjadi komoditas utama bagi masyarakat Indonesia, yaitu minyak mentah (petroleum) untuk bahan baku bahan bakar minyak dan beras," ujar Muttalib.

"Dampak lebih jauh yang bisa ditimbulkan pelemahan rupiah adalah kinerja negatif pada  pelaku usaha yang bergantung pada bahan baku impor. Misalnya industri farmasi petrokimia, makanan dan minuman, hingga tekstil," tambahnya.

Selain itu, kenaikan nilai Dollar juga dapat mempengaruhi sektor ekspor Indonesia meskipun pada dasarnya bisa meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia, karena harganya menjadi lebih kompetitif di pasar internasional, tetapi hal itu dapat mengurangi margin keuntungan para produsen dalam negeri.

"Maka, kenaikan nilai Dollar ini harus dikelola dengan bijak oleh pemerintah Indonesia untuk memastikan dampak positif terhadap ekspor dapat seimbang dengan dampak negatifnya pada harga impor dan daya beli masyarakat," tutupnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan