Kenali 4 Tipe Kepribadian Seseorang Lewat Suara

  • Bagikan
Ilustrasi: Kepribadian Seseorang Lewat Suara

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa suara seseorang mencerminkan ciri-ciri kepribadian yang tersembunyi. Pada intinya, meskipun Anda tidak menceritakan apa pun tentang diri Anda kepada orang lain, tetapi tipemu dapat dikenali berdasarkan suara.

Perlu diketahui, suara dibedakan ada yang bernada tinggi atau rendah. Ada yang berbicara dengan tempo cepat atau lambat. George Eliot mengatakan, jangan pernah menilai buku dari sampulnya yang cocok untuk tidak menganalisis kepribadian seseorang hanya berdasarkan penampilannya.

Anda bisa menunggu sampai mendengar mereka berbicara, karena suara bisa menentukan kepribadian seseorang. Setelah itu Anda boleh berpendapat tentang seseorang itu setelah dia berbicara.

Dilansir dari laman Jagran Josh, beberapa suara yang bisa dicocokkan untuk menentukan tipe sifat kepribadian seseorang sebagai berikut:

1. Kepribadian suara keras

Apabila Anda berbicara lebih cepat dan keras, maka Anda termasuk orang yang berkepribadian ekstrovert. Anda memiliki kemampuan semangat, antusias, hingga bergairah dalam bersikap dengan berbagai pendekatan yang menyenangkan.

Anda mungkin berorientasi pada tindakan dan kurang fokus dengan hal teoritis. Anda mungkin tampil sebagai seseorang yang selalu mengatakan sesuatu atau berpendapat. Anda juga mungkin bisa terjun ke situasi yang panas dan cepat tanpa berpikir dua kali.

2. Kepribadian suara lambat

Apabila Anda berbicara perlahan dan pelan, maka Anda termasuk orang yang berkepribadian yang introvert atau ambivert. Anda mungkin membutuhkan jeda lama untuk berbicara atau bisa dikenal lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Anda menanggapi segala sesuatu dengan serius dan memikirkan segala sesuatunya sebelum mengambil sebuah tindakan. Bahkan pertimbangan yang Anda buat benar-benar sangat matang dari berbagai sisi.

Anda mungkin ingin didengarkan dengan cermat. Anda juga lebih dominan menjadi pendengar yang baik. Namun ada beberapa orang menganggap hal ini bosan karena mereka tidak sabar atau berminat dengan apa yang Anda katakan.

3. Kepribadian suara nada tinggi

Apabila Anda memiliki suara bernada tinggi, maka Anda mungkin memiliki suara treble atau bahasa mudahnya adalah melengking. Namun, apabila Anda memiliki suara sangat pelan dan serak, mungkin Anda gagal mengesankan audiens atau pewawancara Anda.

Suara yang gemetar seperti itu menandakan rendahnya rasa percaya diri dan kegugupan. Anda mungkin memendam perasaan tidak aman, ketergantungan, dan kegelisahan. Hebatnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu dengan suara bernada tinggi terbukti dapat dipercaya.

4. Kepribadian suara bernada rendah

Apabila Anda memiliki nada suara yang rendah, maka Anda mungkin memiliki suara yang dalam. Sesuai dengan temuan yang diterbitkan dalam Journal of Research Personility, individu dengan suara rendah bernada rendah adalah orang yang dominan percaya diri, asertif, ekstrovert dan juga cukup popular di kalangan lawan jenis.

Anda adalah pribadi yang menarik dan berjiwa bebas sehingga bisa memikat orang dengan apa yang Anda katakana. Anda juga memiliki sifat tegas dan percaya diri.

Bahkan Anda mungkin juga tidak mudah untuk menyetujui sesuatu. Anda mungkin memerintah atau memiliki tingkat pengaruh lebih tinggi dalam situasi sosial. (*) (jp/raksul)

  • Bagikan