Boleh Dikomsumsi Setiap Hari! Berikut 6 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Buah Alpukat

RAKYATSULSEL – Alpukat merupakan buah berwarna hijau dan sering disalahartikan sebagai sayuran.

Teksturnya lembut, kaya akan lemak sehat, vitamin, dan mineral, menjadikannya tambahan nutrisi untuk diet seimbang.

Seseorang diperbolehkan mengonsumsi alpukat dengan takaran sekitar 168 gram per hari, di mana nantinya akan berdampak positif pada tubuh.

Dikutip dari Healthshots, Minggu (28/4), mengonsumsi alpukat dapat menghasilkan beragam manfaat luar biasa yang baik untuk kesehatan tubuh, apa saja? simak uraiannya di sini!

1. Meningkatkan asupan nutrisi

    Alpukat padat nutrisi, kaya vitamin, mineral, dan lemak sehat. Dengan menambahkan alpukat ke dalam makanan, seseorang dapat meningkatkan asupan nutrisi mereka secara keseluruhan.

    Menurut penelitian Nutrients, alpukat kaya akan nutrisi seperti magnesium, B6, vitamin C, vitamin E, dan folat yang sangat tidak mudah untuk dikonsumsi setiap hari.

    2. Meningkatkan rasa kenyang

      Alpukat kaya akan serat dan lemak sehat, membantu meningkatkan perasaan kenyang dan puas setelah makan.

      Studi yang dipublikasikan Current Developments in Nutrition menyatakan bahwa makan alpukat dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang, penurunan berat badan, serta penurunan lemak perut.

      3. Meningkatkan rasa dan tekstur

        Salah satu manfaat terbesar alpukat adalah rasanya yang serbaguna. Alpukat memiliki tekstur creamy dan rasa pedas ringan sehingga dapat menambah cita rasa berbagai masakan.

        4. Meningkatkan kesehatan usus

          Studi National Institute of Health menyatakan konsumsi alpukat secara teratur menyebabkan peningkatan konsentrasi asam empedu dan mengurangi peradangan di usus.

          Selain itu, alpukat diketahui menghasilkan asam lemak rantai pendek, membantu mencegah penyakit seperti kanker kolorektal dan penyakit radang usus, Jurnal ISME. Alpukat kaya akan serat makanan yang penting untuk kesehatan pencernaan, fungsi usus, dan membantu pengelolaan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang. Seratnya juga bisa mengatur kadar gula darah.

          5. Mengurangi risiko penyakit jantung

            Alpukat membantu mengatasi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi alpukat secara teratur meningkatkan kolesterol HDL yang melindungi jantung dan mengurangi kolesterol LDL teroksidasi yang bertanggung jawab atas penumpukan plak di dinding arteri, menurut Journal of Nutrition.Selain itu, alpukat juga kaya akan potasium dan magnesium yang dapat mengatur tekanan darah, menurut Nutrition Journal. Selain itu, alpukat juga kaya akan potasium dan magnesium yang dapat mengatur tekanan darah, menurut Nutrition Journal.

            6. Membantu mengurangi risiko penyakit kronis

              Salah satu manfaat terbaik alpukat ialah kaya akan antioksidan serta senyawa antiinflamasi, ini membantu kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.

              Penelitian Clininal Interventions in Aging menunjukkan alpukat mengandung karotenoid yang bersifat antioksidan, membantu mencegah penyakit kronis.

              Faktanya, alpukat juga meningkatkan kekebalan tubuh. Alpukat kaya akan vitamin C, B6 dan E, menjadikan nutrisi penting untuk sistem imun manusia, menurut Frontiers in Nutrition. (jp/raksul)

              • Bagikan