Wajib Tahu! 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Ilustrasi: Manfaat Kencur

RAKYATSULSEL – Kencur merupakan tanaman herbal yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Hal ini karena memiliki banyak manfaat.

Tanaman herbal ini dapat dikonsumsi sebagai bumbu rempah ataupun sebagai jamu yang memiliki banyak khasiat, terutama untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kencur juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh seperti serat, protein, fosfor, kalium, zat besi, zinc, vitamin K, folat, dan kandungan lainnya.

Dilansir dari alodokter dan halodoc pada Sabtu (27/4), berikut ini merupakan lima manfaat kencur untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui.

1. Membantu Meredakan Peradangan dan Nyeri
Mengonsumsi kencur dapat meredakan peradangan dan nyeri pada tubuh, karena memiliki kandungan antiperadangan.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mengonsumsi kencur sebagai obat alami untuk membantu meredakan nyeri karena sakit gigi, sakit kepala, hingga peradangan pada sendi.

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi kencur, yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh.

Hal ini karena kencur memiliki kandungan antioksidan, kalium serta senyawa yang bersifat diuretik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Selain itu, kencur dapat membantu melancarkan peredaran darah. Untuk itu sangat disarankan untuk konsumsi kencur.

3. Dapat Menangkal Paparan Radikal Bebas
Kencur memiliki kandungan antioksidan salah satunya yaitu flavonoid yang dapat membantu menangkal terjadinya kerusakan sel yang ada di dalam tubuh, karena paparan radikal bebas yang berasal dari polusi.

Kandungan flavonoid yang ada di dalam kencur juga dapat mengatasi peradangan dan mencegah terbentuknya sel kanker, yang ada di dalam tubuh.

4. Menurunkan Demam
Selanjutnya yaitu manfaat dari konsumsi kencur, yaitu dapat menurunkan demam. Hal ini karena kencur memiliki kandungan antimikroba yang dapat melawan berbagai infeksi kuman yang ada di dalam tubuh.

5. Membantu Mengatasi Diare
Kencur memiliki kandungan antibakteri yang dapat melawan bakteri yang jahat di usus. Oleh karena itu, kencur dapat membantu mengatasi diare.

Selain itu, kencur juga memiliki kandungan prebiotik yang dapat menyeimbangan bakteri yang baik dan bakteri yang jahat di dalam usus.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi kencur agar dapat membantu mengatasi diare. (jp/raksul)

  • Bagikan