Buka Perkemahan Pramuka, Camat Mare: Pramuka Harus Berjiwa Pancasila 

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL - Kegiatan perkemahan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024 di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone resmi dimulai. 

Hal itu ditandai dengan upacara pembukaan perkemahan Pramuka dan Lomba Kreativitas Pramuka Penggalang, yang dibuka Camat Mare yang juga Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Mare, Andi Muhammad Hidayat Pananrangi, di Bumi Perkemahan (Buper) Mare Na Masse lapangan sepak bola Muhammad Yusuf, Kelurahan Padaelo Kecamatan Mare, Selasa (13/8).

Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka (GP) Mare, Andi Muhammad Hidayat Pananrangi, dalam sambutannya mengemukakan bahwa Pramuka harus berjiwa Pancasila demi keutuhan NKRI sebagaimana tema Hari Pramuka ke-63, "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI".

"Anggota Pramuka sebagai generasi masa depan bangsa harus berjiwa Pancasila dan selalu berupaya menjaga suasana terus kondusif demi keutuhan NKRI," ujar Andi Hidayat Pananrangi. 

Lanjutnya, Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

"Dimana bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negeara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan," pungkasnya. 

Hal senada dikemukakan Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) GP Mare, Muhammad Yunus. Ia menuturkan bahwa perkemahan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024 ini adalah melaksanakan lomba Kreativitas Pramuka Penggalang.

Hal itu katanya bisa menambah pengalaman, banyak mendapatkan keterampilan dan paling utama adalah jalinan silaturahmi antara para Pembina Damping dan peserta didik serta semua elemen Gerakan Pramuka Ranting Mare.

"Walaupun di acara perkemahan ada lomba tetapi di Sini kita utamakan jalinan silaturahminya khususnya ingsan Pramuka," ujar Muhammad Yunus.

Sementara itu Ketua Panitia Perkemahan Pramuka, Andi Syahud menuturkan bahwa perkemahan tersebut diikuti 70 Gugus Depan Pramuka Penggalang se Kecamatan Mare, dengan rincian 58 Gudep yang berpangkalan di 29 Sekolah Dasar (SD) dan 6 Gudep yang berpangkalan di SMP/MTs.

Upacara pembukaan perkemahan Pramuka diikuti oleh Kapolsek Mare, Danramil 1407-15 Mare dan para unsur Forkopincam Mare, Pengawas/Penilik TK dan SD, para Kepala Desa dan Kepala Sekolah se Kecamatan Mare serta pengurus Kwarran GP Mare. (Enal)

  • Bagikan