Naik Kelas atau Nyaleg

  • Bagikan

Kendati demikian, lanjut anggota DPRD Sulsel itu, bahwa PKB tentu saat ini sudah membuka bacaleg bagi berminat. Hanya saja, diperuntukan bagi kader internal PKB terlebih dahulu untuk mengurus persyaratan serta dokumen lainya sebagai bakal caleg pada tahun 2024.

“Jadi, kita tampung kader intenal memenuhi syarat kemudian tahap lanjutan nantinya,” pungkasnya.

Kandidat Harus Realistis

Terpisah, Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia, Ras Md menilai dari belasan kepala daerah menuju purna tugas dua periode tentu mayoritas dari para elit ini sudah punya target politik kedepan, apakah mereka akan berikhtiar naik kelas (Pilgub) ataukah bertarung di arena legislatif (DPR RI-DPD RI).

“Lebihnya nyaleg DPR RI, ataukah DPD RI serta bisa Gubernur atau Provinsi,” katanya.

Lanjut dia, para kepala daerah itu, menentukan ikhtiar politik mereka tentu para elit ini juga akan bersikap realistis dan kecil yang bersikap tidak realistis.

“Kan ada juga kepala daerah di sebelas nama di atas, potensinya hanya bisa bertarung di Pileg, tapi karena gengsi politiknya cukup tinggi, sehingga ia menciptakan kesan jika ia ingin pula masuk dalam gelanggang Pilgub Sulsel,” tuturnya.

Menurutnya, menjadi mantan kepala daerah adalah modal besar bagi mereka berkarir dalam dunia politik berikutnya. Populasi besar, kesuksesan dalam membangun daerahnya dan faktor sosiologis menjadi parameter langkah politik bagi mantan kepala daerah ini.

“Apakah ia pantas masuk dalam pertarungan Pilgub Sulsel mendatang, DPR RI ataukah DPD RI. Ya, kalau kita amati di sebelas nama ini,” jelasnya.

Dia menilai, hanya Adnan saja potensial tampil di gelanggang Pilgub Sulsel mendatang. Nama Andi Fahsar Padjalangi, Taufan Pawe maupun Indah Putri Indriani yang ramai juga disebut-disebut di Pilgub Sulsel mendatang, bacaan dia mereka hanya bisa tampil sebagi figur alternatif calon wakil gubernur Sulsel saja.

“Tapi jika tiga nama ini memutuskan masuk ke bursa Pileg DPR RI, tentu dengan mudah mengamankan kursi DPR RI,” pungkasnya.

  • Bagikan