RAPI Diminta Jalankan Fungsi Kontrol Sosial, IAS: Tapi Harus Santun

  • Bagikan
Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Provinsi Sulawesi Selatan, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) menyerahkan bendera seusai melantik pengurus RAPI 02 Kabupaten Gowa, Sabtu (25/6/2022).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Provinsi Sulawesi Selatan, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) meminta seluruh anggota RAPI ikut menjalankan fungsi kontrol sosial. Hanya saja, mantan Wali Kota Makassar dua periode ini tetap mengingatkan agar menempuh cara-cara kritik dengan sopan santun.

"RAPI perlu berada di garis depan untuk menopang pembangunan. Salah satu fungsi yang perlu didorong adalah kontrol sosial. Bantu pemerintah daerah untuk bisa terus memperbaiki diri," kata mantan Ketua DPD I Golkar Sulsel ini di sela-sela pengukuhan Pengurus Wilayah RAPI 02 Kabupaten Gowa, di Gedung Wanita, Jalan Habibie Dg Kulle, Sungguminasa, Gowa, Sabtu (25/6/2022).

Hanya saja, sambung sosok yang dijuluki Bapak Pembangunan Kota Makassar ini, kontrol sosial kerap kali berujung konflik karena cara. "Jadi penting saling mengingatkan. Isi pesan kontrol itu sama pentingnya dengan cara menyampaikannya. Jangan sampai pesan baik itu tidak kelihatan karena cara menyampaikannya tidak tepat. RAPI harus bisa mempertontonkan pola kritik sosial yang konstruktif," ujar dia.

Pelantikan kepengurusan RAPI Gowa juga terasa istimewa lantaran besarnya sambutan masyarakat. IAS berpesan agar pengurus langsung tancap gas bekerja. Kepengurusan RAPI diinginkannya agar dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah, serta mampu memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat maupun pemerintah.

“Organisasi ini harus mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada publik. Harus bisa menopang aksi sosial serta berkolaborasi dan menopang kinerja pemerintah daerah,” ungkap IAS.

IAS mengukuhkan Pengurus Wilayah 02 RAPI Gowa di bawah nakhoda, Hj Ija Andi Mappegau. Dia mengaku siap mengantar RAPI Gowa agar bermanfaat seluas-luasnya bagi masyarakat. "Insyaallah Ini amanah akan saya jalankan sebaik-baiknya," ujar Hj Ija. (*)

  • Bagikan