Menuju Level Mentor, Pokja PUG Parepare Gelar Rapat Koordinasi

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Sebagai persiapan untuk evaluasi menuju level mentor, Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender melaksanakan rapat koordinasi.

Rakoor tersebut digelar di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Parepare, (11/7/2022).

Kepala Bidang Kesetaraan Gender Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Parepare, Sriyanti Ambar mengatakan, rapat sebagai koordinasi persiapan penilaian PUG di tahun 2022 dengan mengundang seluruh SKPD, lembaga dan yayasan yang tergabung di kelompok kerja pengarusutamaan gender (PUG) .

“Jadi selain SKPD kami juga mengundang lembaga, instansi vertical, yayasan, dan juga ketua PUSPA. Ini nanti yang bergerak yang akan memasukkan dokumen pada evaluasi pengarusutamaan gender yang akan dilaksankan di tahun ini,” jelasnya.

Sriyanti menjelaskan, PUG merupakan strategi yang diharapkan untuk memastikan semua masyarakat (laki-laki, perempuan, anak, penyandang disabilitas, lansia, dan kelompok rentan lainnya) dapat mengakses, dan mendapatkan manfaat dari hasil pembangunan.

"Hasil Evaluasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) akan diberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sebagai bentuk pengakuan serta apresiasi atas komitmen dan peran pemerintah daerah, dengan tingkatan predikat mulai dari Pratama, Madya, Utama dan tingkatan paling tinggi adalah Mentor," jelas Sriyanti.

Ia Optimis pada evaluasi PUG akan naik tingkat di tahun 2022, dengan meilihat optimis Pokja PUG.

“Optimis kita bisa meningkat dan mudah-mudahan bisa mencapai bisa mencapai level mentor. Kota Parepare tahun 2021 berada di kategori utama,” tandasnya

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) kata dia, telah mengeluarkan jadwal pelaksanaan dan penginputan yang akan dilaksanakan pada Agustus - September mendatang.(Yanti)

  • Bagikan