5 Tips Saat Melakukan Jualan Online

  • Bagikan
ilustrasi

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak orang beralih usaha ke jualan online. Keberadaan media sosial, website, dan juga marketplace telah memudahkan banyak pengguna untuk melakukan bisnis online. Apalagi dengan kondisi pandemi dua tahun lalu membuat banyak orang semakin beralih ke jualan online.

Meskipun terlihat mudah dan menyenangkan, namun kamu tetap harus memperhatikan beberapa tips untuk jualan online. Dengan begitu, usahamu akan tetap jalan dan berkembang pesat. Untuk mengetahui apa saja tips saat melakukan jualan online, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Pilih Produk yang Dibutuhkan Pelanggan
    Tips pertama saat melakukan jualan online adalah tentukan produk yang dibutuhkan pelanggan. Untuk bagian ini, kamu harus lebih sensitif apa barang atau jasa yang sedang dicari para calon pengguna. Contohnya, pulsa elektrik yang memang merupakan salah satu kebutuhan primer saat ini.

Setelah kamu memahami apa yang dibutuhkan pelanggan, maka selanjutnya adalah melihat pesaing. Misalnya di sekitarmu atau melalui media sosial apakah ada penjual lainnya. jika penjualnya masih sedikit, maka inilah kesempatan untuk masuk ke dalam persaingan jualan online.

  1. Sempatkan buat Website Toko Sendiri
    Tips lainnya yang perlu kamu perhatikan saat jualan online adalah sempatkan website sendiri. Dengan dibuatkan situs web sendiri, maka bisnismu mempunyai kredibilitas dan juga lebih terlihat lebih profesional. Para pelanggan juga cenderung lebih percaya produk atau layanan yang mudah ditemukan melalui internet.

Selain itu, website yang kamu buat juga tidak boleh asal-asalan. Tampilannya harus baik, mudah dibaca, informasinya lengkap, dan mudah dihubungi. Jika kamu berhasil membangun hal tersebut, maka calon konsumen bisa percaya dan bersedia membeli barangmu.

  1. Manfaatkan Media Sosial
    Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah manfaatkan media sosial. Seperti yang sudah diketahui bahwa jualan online saat ini kurang lengkap rasanya jika tidak memanfaatkan media sosial. Apalagi media sosial saat ini sudah sangat banyak sehingga kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa contoh media sosial yang cukup ampuh dalam jualan online adalah Instagram, Facebook, dan juga Tiktok. Apalagi ketiga media sosial tersebut juga mendukung jualan online dengan fitur di dalamnya.

  1. Gunakan Online Shop
    Saat melakukan jualan online, maka sudah pasti lebih efektif menggunakan online shop. Penggunaan online shop ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik sebagai penjual dan juga pembeli. Contohnya dalam hal efisiensi dan juga proses transaksi.

Selain itu, dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh online shop, maka kamu dapat menganalisis toko dan penjualan produkmu lebih aman. Contohnya seperti total pendapatan dan feedback dari pelanggan mengenai pelayanan atau produk yang dijual. Hal tersebut bisa menjadikan bisnismu lebih berkembang.

  1. Hindari Konflik dengan Pelanggan
    Tips selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah hindari konflik dengan pelanggan. Sebab, jika kamu sampai berkonflik dengan pelanggan, maka akan tercipta keraguan, memperlambat atau bahkan mengganggu pelanggan-pelanggan lainnya. Tidak hanya itu saja, konfol dengan pelanggan bisa menyebabkan frustasi, stres, marah dan merusak citra tokomu sendiri.
    Perlu perhatikan bahwa kondisi ini sifatnya adalah subjektif dan sangat tergantung dengan situasi. Saat menghadapi kondisi tersebut, ada baiknya jujur dan tidak menyalahkan pelanggan. Kamu harus melakukan komunikasi secara baik dan sabar. Namun hal perlu digaris bawahi adalah sebisa mungkin hindari konflik dengan pelanggan dalam waktu yang lama.
    Demikian tips saat melakukan jualan online. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat. (*)
  • Bagikan