Komisioner KPU Edukasi SMP Islam Athirah Bukit Baruga Soal Demokrasi

  • Bagikan
Siswa SMP Athira Baruga Antang Mengikuti Edukasi Soal Demokrasi dari KPU dan Bawaslu, Selasa (8/11). (A/Yadi)

Sebagai rangkaian kegiatan P5, panitia pelaksana memberikan pemahaman awal kepada siswa dengan menggelar seminar. Seminar tersebut berlangsung pada hari Selasa dan Rabu tanggal 8 dan 9 November 2022. Panitia pelaksana menghadirkan tiga pembicara, masing-masing Komisioner KPU Kota Makassar Endang Sari SIP Msi, Ketua Bawaslu Kota Makassar Dr Abdillah Mustari, dan Legislator DPRD Kota Makassar.

Terpisah, Ketua Panitia P5 Umar Thamrin, menjelaskan, puncak pesta demokrasi yang bakal berlangsung pada 2 Desember 2022 mendatang akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk dipilih sebagai calon Ketua OSIS dan calon anggota Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK). Mereka masing-masing akan dijagokan oleh partai pengusung.

"Nantinya akan ada calon Ketua OSIS, calon anggota MPK, mereka diusung oleh partai, dan akan dipilih dalam pemilihan umum terbuka, tentu semuanya melalui mekanisme yang telah ditentukan," ujarnya.

Umar menambahkan, sejumlah tahapan seperti pendaftaran calon, masa kampanye, debat kandidat, hingga penetapan calon terpilih akan menjadi agenda penting pada kegiatan P5 tersebut. Hal itu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar berdemokrasi lebih dini kepada siswa.

"Pendaftaran calon, masa kampanye, maupun penetapan calon terpilih nantinya oleh KPO," pungkas Umar. (Yadi/Raksul/B)

  • Bagikan