Mahasiswa Komunikasi UMI Makassar Gelar Kuliah Lapangan dan Praktik Baca Berita

  • Bagikan
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengelar kuliah lapangan. Kuliah lapangan dilakukan untuk melihat potensi dan bakat dari para mahasiswa.

Kuliah lapangan ini dilakukan di Jalan Andi Djemma, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Para mahasiswa terlebih dahulu di beri soal kemudian dilakukan tanya jawab.

Selain itu, mahasiswa juga sebelumnya melakukan praktik tulis berita hingga baca berita. Berita yang dibacakan para mahasiswa merupakan hasil kunjungan media yang dilakukan sebelumnya.

"Bagaimana agar adek-adek mahasiswa ini bisa praktik langsung untuk mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan dari teori yang di ajarkan," kata Dosen Ilmu Komunikasi UMI Makassar Ibnu Munsir dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).

Menurut Ibnu dalam dunia media dan komunikasi bukan hanya berlandaskan pada teori saja, namun di butuhkan pemahaman agar mahasiswa bisa mengembangkan bakat dan minatnya dalam dunia jurnalistik.

"Karena kita lihat banyak mahasiswa kita ini di UMI Makassar sangat berbakat. Khusus membaca berita bagus-bagus dari voice overnya juga, belum lagi menulis berita sudah bagus," jelasnya.

Namun meski begitu, menurut dosen jurnalistik ini meminta mahasiswa tak cepat puas. Ia meminta terus belajar san mengembangkan potensi yang ia miliki.

"Karena untuk bekal dia juga, terus belajar karena nanti di dunia kerja sudah bisa di terima dengan potensi yang ia miliki," paparnya.

Ibnu kemudian berpesan agar kegiatan ini terus berlanjut dengan partisipasi mahasiswa agar lebih serius menerima ilmu dan praktik lapangan.

"Ini untuk kedepannya agar tidak fakum dan pro aktif lagi terhadap pendidikan di kampus UMI," tutupnya. (Yadi/A)

  • Bagikan