Wishnutama Sosok Dibalik Suksesnya KTT G20, Diperkenalkan Jokowi ke Kepala Negara G20

  • Bagikan
Wishnutama Kusubandio

BALI, RAKYATSULSEL - Sosok Wishnutama adalah salah satu orang dibalik berhasilnya event gala dinner KTT G20 yang sangat menakjubkan.

Presiden Jokowi Widodo bahkan memperkenalkan sosok Wishnutama kepada Perdana Menteri India, Modi, karena penasaran siapa sosok di balik acara yang megah tersebut.

Tak heran jika acara ini sukses menyedot perhatian para petinggi atau kepala negara dari peserta kegiatan KTT G20 ini.

Wishnutama Kusubandio lahir di Jayapura 4 Mei 1976, dalam Kabinet Indonesia Maju yang dibentuk Presiden Jokowi, dia dipercaya mengisi jabatan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada periode 2019 hingga 2020 lalu.

Jauh sebelumnya, sosoknya dikenal sebagai pendiri dari NET TV ataupun mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dia merupakan lulusan dari Mount Ida College di Boston dan Emerson College, Amerika Serikat.

Wishnutama memulai karier pertamanya sebagai asisten produksi di New England Cable News Amerika dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston.

Pada tahun 1994, dirinya memutuskan kembali ke Indonesia dan bekerja di Indosiar sebagai Supervisor On Air Promotion.

Di tahun ini juga setahun kemudian, Tama pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant. Program-program yang bermunculan selama Wistnutama bekerja di Indosiar antara lain Pesta, Gebyar BCA, Patroli, Satu Jam Bersama, dan Saksi.

Dirinya diketahui berkarier selama 7 tahun bersama Indosiar, sebelum akhirnya memutuskan pindak ke Trans Corp pada tahun 2001.

Posisi pertama yang dijabat Tama di Trans Corp adalah kepala Divisi Produksi. Dua tahun bersama Trans Corp, karirnya menanjak tajam, jabatanya naik menjadi Direktur Operasional dan setahun kemudian menjadi Wakil Direktur Utama.

Pada tahun 2006, dirinya resmi menjadi Direktur Utama TV7 (sekarang Trans7). Selang dua tahun selanjutnya, ia dipilih menjadi Direktur Utama TransTV.

Beberapa program yang berhasil dibawah kepemimpinannya diantaranya Extravaganza, OVJ, Temehek-mehek, Dunia Lain, Empat Mata, Indonesia Mencari Bakat.

Setelah 11 tahun berkarier di Trans corp, ia resmi mengundurkan diri, bersama dengan partnernya yaitu Agus Lesmono membangun sebuah stasiun televisi bernama NET(News and Entertainment Television).

Akhirnya didirikan NET TV pada tanggal 18 Mei 2013 dan resmi diluncurkan pada tanggal 23 Mei 2013.

NET menggantikan siaran terestrial Spacetoon yang sebagian sahamnya telah diambil alih oleh Indika Group.

Pada 2018, Wishnutama berkontribusi menyukseskan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Puncaknya pada tahun 2019, Wishnutama didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Indonesia Maju Periode 2019 – 2024. (Fajar/Raksul)

  • Bagikan