Pergantian Tahun, 8 Jalan di Makassar Ditutup

  • Bagikan
Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda. (Foto : Isak/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Satlantas Polrestabes Makassar terapkan rekayasa lalu lintas pada malam perayaan pergantian tahun nanti.

Rekayasa lalu lintas sendiri dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan serta memberikan rasa nyaman dan tertib kepada masyarakat.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda mengatakan, khusus di Makassar yang menjadi konsentrasi pengamanan arus lalulintas nantinya berada di sekitar kawasan Pantai Losari Kota Makassar. Dimana di kawasan ini sering dijadikan titik kumpul masyarakat menunggu pergantian tahun.

"Untuk rekayasa lalu lintas saat perayaan malam pergantian tahun sudah kita lakukan, ada 8 titik. Penerapan akan dilakukan mulai pukul 17:00 Wita hingga pukul 04:00 Wita," Kata Zulanda saat diwawancara, Jumat (30/12/2022).

Selain pengalihan arus lalulintas, Zulanda juga mengimbau agar sebaiknya masyarakat tidak keluar rumah merayakan malam pergantian tahun guna mengantisipasi cuaca ekstrim yang menurut prakiraan BMKG bakal terjadi pada malam pergantian tahun.

Adapun jika tetap ngotot akan merakyat pergantian tahun di luar rumah, masyarakat nantinya akan diarahkan untuk berjalan kaki menuju kawasan Pantai Losari ataupun kawasan CPI Makassar. Selain itu masyarakat juga di imbau agar sebaiknya menggunakan ojek online saat keluar rumah guna mengurangi penumpukan kendaraan.

"Kita akan menyiapkan kantong parkir di kawasan Twin Tower di CPI sehingga kendaraan-kendaraan tidak berputar-putar yang dapat menimbulkan kemacetan. Tapi kita anjurkan jangan keluar rumah karena berdasarkan prakiraan BMKG, akan ada hujan dan angin yang pastinya dapat membahayakan jarak pandang bagi para pengandara," pesannya.

Lanjut, Zulanda menyampaikan bahwa para pengunjung kawasan pantai Losari dan CPI agar kiranya tidak lagi menggunakan kendaraannya masuk ke kawasan tersebut saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas dilaksanakan.

"Diwajibkan kepada para pengunjung yang ke arah Losari dan CPI di atas pukul 16.00 Wita tidak lagi menggunakan kendaraan atau bisa hanya diantar karena di luar area dilarang parkir," ujarnya.

Adapun rekayasa lalu lintas dan penutupan jalan di Kota Makassar pada malam pergantian Tahun Baru yakni:

  1. Sepanjang Jalan Botolempangan ke arah barat mulai dari persimpangan Jalan Thamrin-Jalan Botolempangan sampai dengan persimpangan Jalan Emi Saelan-Jalan Botolempangan.
  2. Sepanjang Jalan Sultan Hasanuddin ke arah barat mulai dari persimpangan Jalan Arief Rate-Jalan Sultan Hasanuddin sampai dengan persimpangan Jalan Pattimura-Jalan Sultan Hasanuddin.
  3. Sepanjang Jalan Lamadukkelleng ke arah barat mulai dari persimpangan Jalan AR.Saleh-Jalan Lamadukelleng sampai dengan persimpangan Jalan Datu Museng-Jalan Lamadukkeleng.
  4. Jalan WR .Supratman mulai dari persimpangan Jalan WR.Supratman-Jalan SlametRiyadi di tutup ke barat sampai dengan persimpangan Jalan WR.Supratman-Jalan Ujung Pandang.
  5. Jalan Penghibur mulai dari persimpangan Jalan Penghibur-Jalan Haji Bau di tutup ke utara sampai dengan persimpangan Palan Pasar Ikan-Jalan Pattimura.
  6. Jalan Somba Opu mulai dari persimpangan Jalan Somba Opu -Jalan Pattimura di tutup ke selatan sampai dengan Jalan Somba Opu -Jalan Datu Museng.
  7. Jalan Ujung Pandang mulai dari Jalan Ujung Pandang-Jalan Riburane di tutup ke selatan sampai dengan Jalan Pasar Ikan-Jalan Pattimura.
  8. Jalan Haji Bau mulai dari persimpangan Jalan Haji Bau-Jalan Penghibur di tutup ke Timur sampai dengan Jalan Haji Bau-Jalan Cendrawasih. (isak/B)
  • Bagikan