Ekowisata Mangrove Bedul, Destinasi Wisata Mirip Hutan Amazone di Banyuwangi

  • Bagikan

RAKYAT SULSEL.CO - Wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memiliki garis pantai sepanjang 175 kilometer dari sisi selatan hingga sisi utara.

Dari ratusan kilometer garis pantai, terdapat upaya konservasi dalam menjaga ekosistem laut Banyuwangi dengan menanam pohon mangrove.

Salah satu titik konservasi pohon mangrove berada di Desa Sumbersari Kecamatan Purwoharjo, yang kini menjadi Ekowisata Mangrove Bedul Banyuwangi.

Ekowisata Mangrove Bedul masuk di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, yang terletak ujung Timur Pulau Jawa wilayah pantai Selatan antara 8,446456°-8,780444° LS dan 114,224625°-114,605157° BT.

Penanaman pohon mangrove berfungsi untuk mencegah abrasi di garis pantai Banyuwangi, serta menahan sampah ke laut dan rumah bagi ikan serta sarang burung.

Tidak hanya untuk mencegah abrasi di garis pantai, pohon mangrove yang semakin menjulang tinggi dan lebat juga menjadi daya tarik di Ekowisata Mangrove Bedul.

Pengunjung yang datang ke Ekowisata Mangrove Bedul, dapat menikmati panorama hutan mangrove dengan jalan kaki dermaga kayu yang sudah disediakan.

Selain menyusuri dermaga kayu, kamu juga dapat berkeliling menggunakan perahu nelayan dan kapal wisata yang sudah disediakan di Ekowisata Mangrove Bedul.

  • Bagikan