Ukraina Akan Melatih Patriot di AS, Pentagon Mengonfirmasi

  • Bagikan
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, tengah, presiden Dewan Eropa Charles Michel, kiri, dan Komisi Eropa Ursula von der Leyen memberikan konferensi pers di Brussel pada 10 Januari 2023.

PENTAGON, RAKYATSULSEL.ID — Pentagon telah mengkonfirmasi bahwa pasukan AS akan mulai melatih pasukan Ukraina pada sistem pertahanan rudal Patriot di Fort Sill di Oklahoma akhir bulan ini, setelah VOA dan media lain melaporkan berita tersebut Selasa pagi.

Sekretaris pers Pentagon, Brigadir Jenderal Pat Ryder mengumumkan pada hari Selasa saat pengarahan di Pentagon bahwa pelatihan di Fort Sill dapat dimulai "secepatnya minggu depan".

“Pelatihan ini akan mempersiapkan sekitar 90 hingga 100 tentara Ukraina untuk mengoperasikan, memelihara, dan mempertahankan sistem pertahanan selama kursus pelatihan yang diharapkan berlangsung beberapa bulan,” kata Ryder, menambahkan bahwa baterai Patriot akan memberi Ukraina kemampuan lain untuk mempertahankan rakyatnya dari serangan Rusia. serangan udara yang berkelanjutan.

Fort Sill adalah rumah bagi sekolah artileri lapangan Angkatan Darat A.S.

Ryder mengatakan AS akan mencari cara untuk "mempercepat jadwal pelatihan" sehingga Ukraina dapat kembali ke medan perang secepat mungkin.

Pekan lalu, Pentagon mengumumkan akan mengirim 50 Kendaraan Tempur Bradley ke Ukraina sebagai bagian dari putaran baru bantuan militer ke Kyiv untuk membantu pasukan Ukraina melawan invasi Rusia.

Selama pengarahan hari Selasa, Ryder mengatakan tentang pelatihan

Bradley akan menjadi bagian dari pelatihan senjata gabungan yang akan diselesaikan orang Ukraina di Jerman.

Bradley akan datang dengan ratusan peluru kendali anti-tank TOW dan ratusan ribu butir amunisi, menurut dokumen resmi yang dibagikan kepada VOA sebelum pengumuman hari Jumat.

“Ini bukan tank, tapi pembunuh tank,” kata Ryder minggu lalu.

Komitmen Sekutu

Para pemimpin NATO dan Uni Eropa telah memperkuat komitmen mereka untuk memberikan dukungan militer kepada Ukraina untuk melawan invasi Rusia yang hampir berlangsung setahun, termasuk menyediakan pertahanan udara canggih dan peralatan lainnya.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa menurutnya Ukraina harus mendapatkan semua peralatan militer yang diperlukan untuk mempertahankan diri, “karena mereka juga mempertahankan prinsip dasar Piagam PBB, hak dasar hukum internasional.”

Berbicara bersama von der Leyen dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel setelah pertemuan di Brussel, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyambut baik pengumuman dalam beberapa hari terakhir oleh Amerika Serikat, Jerman dan Prancis tentang rencana untuk menyediakan Ukraina dengan jenis kendaraan lapis baja dan lapis baja baru. Dia menekankan perlunya juga tetap fokus pada pelatihan, pemeliharaan, dan amunisi untuk sistem yang ada yang telah dikirim sekutu ke pasukan Ukraina.

“Sekutu NATO dan anggota UE telah menghabiskan persediaan mereka untuk memberikan dukungan kepada Ukraina, dan itu adalah hal yang benar untuk dilakukan karena ini juga tentang keamanan kami. Dan tentu saja, kami perlu menggunakan kemampuan kami, stok kami, amunisi kami, untuk mendukung Ukraina,” kata Stoltenberg.

Dia menambahkan bahwa meski pasukan Ukraina mampu menimbulkan kerugian pada militer Rusia, Rusia tidak boleh diremehkan. Dia mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menunjukkan indikasi mengubah "tujuan keseluruhan dari perang brutalnya melawan Ukraina."

“Rezim di Moskow menginginkan Eropa yang berbeda. Ia ingin mengendalikan tetangganya, dan ia melihat demokrasi dan kebebasan sebagai ancaman,” kata Stoltenberg. “Ini akan memiliki konsekuensi jangka panjang untuk keamanan kita, jadi kita harus terus memperkuat ikatan transatlantik penting di NATO. Kita harus terus memperkuat kemitraan antara NATO dan Uni Eropa. Dan kita harus lebih memperkuat dukungan kita ke Ukraina.”

Pertempuran Bakhmut

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pada Selasa bahwa pasukan Rusia dan tentara bayaran dari Grup Wagner "mungkin sekarang menguasai" sebagian besar Soledar, sebuah kota tambang garam kecil di timur Ukraina yang terletak di salah satu wilayah pertempuran paling sengit.(VOA/*)

Referensi:

https://www.voanews.com/a/ukraine-fight-focused-on-soledar-as-russia-eyes-bakhmut/6911816.html

  • Bagikan