BMKG Keluarkan Imbuan Cuaca Ekstrem, BPBD Sulsel Siap Gunakan TMC

  • Bagikan
Kalak BPBD Sulsel, Amson Padolo Beri Keterangan Soal TMC. (A/Abu)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Klimatologi Meterologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar kembali mengeluarkan imbauan cuaca ektrem pada 19 Januari 2023 mendatang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Amson Padolo menyampaikan soal menggunakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Kata dia, itu dilakukan berdasarkan hasil pantauan dari BMKG yaitu mengindentifikasi awan yang terindikasi membawa muatan air yang cukup besar.

"Jadi, mereka (Tim yang menerapkan TMC) melakukan TMC di selat Makassar, dengan melihat bibit-bibit hujan," ujar Amson, Selasa (17/1).

"Kalau ada bibit-bibit hujan yang berpotensi untuk masuk ke darat itu di semprot dengan disemuai dengan menggunakan garam yang telah di tentukan," tambahnya.

Kata dia, penggunaan perdana TMC telah dilakukan Pemprov Sulsel di Selat Makassar sejak Jumat (13/1). Hal itu terus dilakukan menindaklanjuti imbauan BMKG Wilayah IV Makassar.

"Masih berlangsung sampai saat ini, itu menyikapi dari imbauan bahwa kemungkinan di 19 ke atas itu masih ada cuaca ekstrem," paparnya.

  • Bagikan