Hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Sinjai Utara, Bupati ASA Beberkan Sejumlah Capaian Pembangunan

  • Bagikan
Bupati Sinjai, ASA saat memghadiri Musrenbang Kecamatan Sinjai Utara. (Foto: Dok. Kominfo).

SINJAI, RAKYATSULSEL. CO- Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sinjai Utara di Aula Kantor Camat Sinjai Utara, Jum'at, (24/3).

Pada kesempatan itu, Bupati membeberkan capaian pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan khususnya di Kecamatan Sinjai Utara.

Antara lain capaian yang menggembirakan yang telah diraih oleh Pemerintah selama periode 2018-2022 yakni,
capaian indikator makro.

"Berdasarkan data BPS yang sudah dirilis, pada awal periode kami, angka pengangguran pada berada pada angka 1,95% pada tahun 2018 dan sempat naik mencapai 2.65% pada tahun 2020 akibat pandemi, kemudian turun ke 1,8% pada tahun 2022, jauh melampaui Provinsi dan Nasional Tahun 2022 yaitu 4,51% dan 5,68%," bebernya.

Begitu pula pada angka kemiskinan dalam 5 tahun terakhir kita mampu turunkan dari 9,28% pada tahun 2018 turun menjadi 8,8% pada tahun 2022. Pertumbuhan ekonomi Sinjai tumbuh dari 1,55% pada tahun 2020 menjadi 4,87% pada tahun 2022. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita meningkat dari 66,24 pada tahun 2018 menjadi 68,33 pada tahun 2022.

"Saya berharap trend peningkatan capaian kinerja tersebut akan tetap dipertahankan pada tahun-tahun yang akan datang," harapnya.

Sementara, untuk di bidang Pendidikan, jumlah anggaran yang digunakan sebesar Rp17,4 Miliar lebih. Anggaran ini dialokasikan untuk pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas pada PAUD, SD dan SMP, ruang guru, dan pengadaan meubeler laboratorium komputer.

Selain itu, untuk pembangunan ruang perpustakan, pengadaan buku bacaan, pengadaan alat peraga, pengadaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi, pengadaan alat pembelajaran edukatif serta pengadaan peralatan alat laboratorium komputer.

Pada bidang kesehatan dikatakan ASA, telah dilaksanakan berbagai program dengan anggaran sebesar Rp 54,64 Miliar lebih untuk pembangunan Ruang IGD, Ruang rawat inap, gedung rawat jalan, pengadaan Instalasi Pengolahan Limbah, dan Instalasi Pengolahan Air Bersih pada RSUD, serta Renovasi Puskesmas Lappa.

Bidang Pekerjaan Umum telah dianggarkan sebesar Rp142,71 Miliar lebih untuk Peningkatan jalan (Aspal Hotmix) sepanjang 20,58 km, pada 35 jalan di Ibukota Kabupaten dan 2 Ruas Jalan yaitu ruas lingkar kantor Bupati-Tanassang-Tokka, ruas Balle-Bulutana, Pembangunan Masjid Islamic Centre, pembangunan drainase perkotaan, pembangunan jaringan SPAM perpipaan kota, Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah, dan pembangunan/rehabilitasi sejumlah gedung milik pemerintah.

Kemudian pada bidang Perumahan dan Pemukiman telah dianggarkan sebesar Rp 6,4 Miliar lebih untuk pembangunan jalan dan drainase kawasan perumahan, bantuan rumah swadaya 321 unit dan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Tidak hanya itu, dimasa pemerintahan Bupati ASA juga memberikan perhatian pada sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Pemkab Sinjai telah mengalokasikan anggaran cukup besar dalam mendukung mensukseskan tiga sektor itu.

"Untuk pembangunan jalan usaha tani, pembangunan kebun gizi keluarga PKK, dan pembangunan irigasi air tanah dangkal dianggarkan Rp435 juta. Dan untuk bidang Peternakan dianggarkan sebesar Rp499,8 juta lebih untuk Bantuan Ternak Sapi dan Asuransi ternak sapi. Sementara di bidang Perikanan dianggarkan Rp969,8 juta lebih untuk pengadaan bantuan kapal, mesin kapal, sarana budidaya polikultur, alat tangkap ikan, perlatan navigasi dan keselamatan pelayaran," jelasnya.

Untuk sektor perindustrian dan Perdagangan dianggarkan Rp 3,58 Miliar lebih untuk pembangunan Pasar Balangnipa dan Sarana prasarana Sentra IKM Perikanan. Selajutnya pada bidang Perhubungan dianggarkan Rp80 Juta untuk pemasangan traffic light di Jalan Halim Perdana Kusuma

"Di bidang keagamaan, telah dianggarkan Rp1,29 Miliar untuk hibah rehabilitasi 30 masjid dan 6 Pondok Pesantren, serta bantuan Tahfidz Quran 40 santri,"ungkapnya.

Lain halnya, pada lingkungan Hidup Pemkab mengalokasikan Rp251 juta untuk rumah pengomposan, pengadaan alat angkut dan kontainer sampah.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2024 Kecamatan Sinjai Utara, turut dihadiri anggota DPRD Sinjai dari dapil I, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Sinjai, para Lurah se-Kecamatan Sinjai Utara, Kepala Sekolah, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan beberapa unsur terkait lainnya. (*)

  • Bagikan