Antisipasi Kemacetan di Pusat Perbelanjaan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jelang Lebaran Idulfitri 1444 H/2023 M, sejumlah ruas jalan yang berada disekitar pusat perbelanjaan di Kota Makassar mulai mengalami kemacetan.

Salah satunya di persimpangan Jalan AP Pettrani dan Jalan Boulevard Kota Makassar. Di mana, ditemui kemacetan disekitar wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar Aulia Arsyad mengatakan pihaknya terus memaksimalkan pengaturan lalu lintas pada ruas-ruas jalan yang berpotensi menjadi titik rawan kemacetan khususnya disekitar pusat perbelanjaan, seperti mall.

"Kami maksimalkan disitu titik rawan kemacetan, sekitar mall utamanya di Mall Ratu Indah (MaRI) dan Mall Panakkukang (MP)," ungkap Aulia saat ditemui di Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Senin (10/4/2023).

Aulia mengaku pihaknya juga tetap terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak mulai dari Polrestabes Makassar hingga PD Parkir Makassar untuk membantu mengantisipasi kemacetaan di wilayah itu.

Apalagi, biasanya kemacetan disebabkan oleh kendaraan yang melakukan parkir dibadan jalan sekitar pusat perbelanjaan, misalnya di Jalan Boulevard Kota Makassar.

Aulia mengatakan jumlah personel yang diturunkan oleh Dishub Makassar untuk melakukan pengaturan lalu lintas sebanyak 288 personel. Para personil yang diturunkan telah dibagi ke seluruh 14 kecamatan yang ada di Kota Makassar.

"Kalau petugas dari dishub memang sudah dibagi perwilayah, tapi memang kalau titik-titik tertentu memang kita maksimalkan disitu," terang Aulia.

Aulia mengakui dengan jumlah personil yang diturunkan oleh Dishub untuk menangani titik rawan kemacetan di 14 kecamatan sangat minim.

Maka dari itu, Ia mengatakan masih akan melakukan pemetaan terkait berapa jumlah ideal personel Dishub yang diturunkan untuk mengangani lalu lintas di Kota Makassar.

Kalaupun nantinya ada penambahan personel, Aulia menegaskan akan melakukan seleksi yang ketat dengan memperhatikan berbagai aspek, salah satunya harus disiplin. Pasalnya, Aulia mengakui bahwa kondisi personil yang ada saat ini, sangat kurang disiplin.

"Kalau untuk perekrutan teman-teman personel di wilayah ini harus lebih di perhatikan lagi tidak asal masuk, mereka harus disiplin," ucap Aulia. (sasa/B)

  • Bagikan