Hardiknas 2023, Dunia Pendidikan Jeneponto Dinilai Masih Sangat Memprihatinkan

  • Bagikan
Kondisi SD Bontosua, Desa Kaluku, Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto saat ini sangat memprihatinkan.

JENEPONTO, RAKYATSULSEL - Walaupun setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto memperingati Hari Pendidikan Nasional, seperti halnya 2 Mei 2023 ini, namun kondisi dunia pendidikan di kabupaten yang dipimpin oleh Iksan Iskandar dan Paris Yasir tersebut dinilai masih sangat memprihatinkan.

Tak hanya soal kualitas pendidikan, sejumlah fasilitas pendidikan di Kabupaten Jeneponto. Termasuk berupa bangunan sekolah, banyak yang rusak, namun tak kunjung mendapatkan perhatian serius oleh pemerintah daerah. Salah satunya, Sekolah Dasar Nomor 171 Bontosua yang berada di Desa Kaluku, Kecamatan Batang.

Kondisi SD Bontosua saat ini sangat memprihatinkan, yang dimana sejumlah ruangan kelas tidak lagi dapat digunakan untuk antivitas belajar mengajar lantaran rusak parah, atap seng dan rangka baloknya sudah hancur berantakan, serta flapon ruang kelas lainnya terancam ambruk dan membahayakan keselamatan para siswa.

Guru SD Bontosua, Nur Indrawati mengatakan, pihaknya sudah berkali- kali mengajukan bantuan perbaikan sekolah namun tak kunjung teralisasi, dan kerusakan sekolah sudah terjadi sangat lama.

"Sudah sangat lama rusak, tapi proses belajar mengajar masih tetap berjalan, namun siswa harus berbagi ruangan dengan kelas- kelas lainnya, karena sejumlah ruangan kelas tidak dapat lagi digunakan, kelas yang kita gunakan sekarang juga rawan plafonnya menimpah siswa, sehingga kalau hujan dan angin kencang kita sangat takut," ujar Nur Indrawati, Rabu (3/5).

Kondisi bagunan sekolah yang sudah lama rusak parah dan tak kunjung mendapatkan dana perbaikan dari Pemkab Jeneponto, nampaknya sangat kontras dengan sikap Pemkab Jeneponto yang nampak tak tanggung- tanggung mengeluarkan duit untuk hal- hal lainnya, yang bukan menjadi prioritas kebutuhan masyarakat, termasuk konser musik dalam rangkaian HUT Kabupaten Jeneponto ke 160 tahun yang digelar di Lapangan Passamaturukan, Senin (1/5/2023) malam kemarin.

"Anggarannya (Seluruh rangkaian Acara HUT Jeneponto) cuma lima ratus juta ji, "ujar salah satu pejabat Pemkab yang ditemui di Cafe Primer. (Zadly/B)

  • Bagikan