Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bulukumba Gelar Workshop Literasi

  • Bagikan
Pengukuhan Bunda Literasi Bulukumba, Andi Herfidah Attas

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bulukumba menggelar kegiatan kegiatan workshop peningkatan literasi masyarakat dan tingkat kegemaran membaca masyarakat.

Kegiatan yang dibuka Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, berlangsung di Aula Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bulukumba, Selasa (8/5). Workshop diikuti ratusan peserta. Mereka berasal dari pelajar, penggiat literasi, guru, pejabat, serta aparatur sipil negara.

Workshop yang berlangsung sehari mengambil tema Penguatan Peran Perpustakaan Dalam Peningkatan IPLM dan TGM menunuju SDM Unggul dan Berdaya Saing".

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, mengatakan tingkat kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba masih cukup rendah. Berbagai kegiatan literasi tentu diharapkan dapat meningkatkan minat dan budaya membaca masyarakat, sehingga dapat menjadi generasi emas kagi Kabupaten Bulukumba.

"Ketersediaan pengetahuan yang dapat
dengan mudah diakses diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," jelas Andi Utta--sapaan akrab Bupati Bulukumba.

Bupati Muchtar Ali Yusuf, meminta agar pengembangan gemar membaca harus dikembangkan sejak usia dini agar hal tersebut dapat menjadi budaya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bulukumba Rijal yang turut hadir dalam kegiatan workshop peningkatan literasi, mengatakan menumbuhkan kemampuan dan minat baca seharusnya menjadi misi pertama peningkatan literasi.

Sekolah menjadi media strategis dalam mengembang misi tersebut. Sayangnya, tidak semua penduduk berkesempatan mengenyam pendidikan.

"Ditengah krisis literasi tersebut diatas, perpustakaan hadir sebagai fasilitator dalam meningkatkan literasi masyarakat. Perpustakaan dapat diakses oleh siapapun secara gratis sehingga menjadi media strategis untuk menumbuhkan minat baca dikalangan masyarakat," jelas Rijal.

Selain kegiatan workshop peningkatan literasi, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pengukuhan Andi Herfida Attas, sebagai Bunda Literasi Kabupaten Bulukumba, untuk masa bakti 2023-2026.

Andi Herfidah Attas yang juga istri Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf adalah Ketua Tim PKK Bulukumba dan Ketua Dekranasda Bulukumba.(Salahuddin/A)

  • Bagikan