Film ‘Malam Pacar, Mappacci’ Bakal Tayang di Bioskop, Angkat Budaya Bugis-Makassar

  • Bagikan
Pemutaran film Malam Pacar, Mappacci di Jakarta yang angkat budaya Bugis-Makassar

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Film yang bertemakan adat Sulawesi Selatan akan kembali tersaji di layar lebar tanah air. Film tersebut berjudul Malam Pacar, Mappacci.

Film tersebut mengangkat salah satu budaya masyarakat Bugis-Makassar yaitu Mappacci atau malam pacar.

Mappacci sendiri adalah salah satu rangkaian adat masyarakat Bugis untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

Film ini disaksikan untuk pertama kalinya oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Ia pun memberikan apresiasi dengan adanya film Indonesia yang mengangkat budaya daerah.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno mengaku sangat menikmati filmnya dan berharap film daerah bisa berjaya di negeri sendiri.

"Walaupun saya hanya menikmati penghujung, saya sangat menikmati filmnya. Tahun lalu kita memberikan stimulus, film Indonesia lebih banyak ditonton dibandingkan film asing. Jadi tahun lalu sangat bersejarah," ucap Sandi kepada awak media di XXI Metropole, Jakarta Pusat.

"Kita akan terus mendorong film Indonesia bukan hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Teman-teman kita masih di Cannes. Film Indonesia juga sudah banyak mencapai box office," sambungnya.

Salah satu hal yang membuat film Mappacci menjadi sangat menarik untuk Sandiaga Uno karena mengangkat budaya dan bahasa daerah.

"Mudah-mudahan budaya Sulawesi Selatan, dengan drama-drama yang akhirnya bisa dimenangkan oleh saudara kita disebelah ini bisa terus diangkat," ucap Sandi.

"Cerita ini menarik karena budaya diangkat dan bahasanya diangkat, tadi ada skyline juga yang diperlihatkan. Ada pantai yang bisa mengangkat 8,5 juta wisata," sambungnya.

  • Bagikan