Putusan Sistem Pemilu 2024 Dijadwalkan Hari Ini, Begini Pandangan Pengamat di Sulsel

  • Bagikan
Gedung Mahkamah Konstitusi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan membacakan putusan uji materi terhadap sistem pemilu proporsional terbuka, Kamis, 15 Juni. Hasilnya, sistem pemilu 2024 akan diketahui oleh masyarakat hari ini.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati, menilai jika mengubah sistem pemilu dari proporsional terbuka ke tertutup dampaknya tidak hanya mengubah surat suara menjadi sederhana. Akan tetapi, ada 26 materi muatan di UU pemilu juga akan terdampak.

Sementara tahapan pemilu sudah jalan, kurang dari satu tahun menuju hari H pencoblosan.

"Tahapan pemilu itu harus jelas, bisa diprediksi. Sehingga aturan main seharusnya sudah diketahui sejak awal, bukan diubah di tengah jalan," ujar Khoirunnisa, Rabu, 14 Juni 2023.

Sebagai pihak terkait, pihaknya berharap MK memutus tetap mempertahankan sistem proporsional terbuka. Menurutnya, sistem pemilu bukan isu konstitusional, sehingga seharusnya tidak diputuskan oleh MK.

Khoirunnisa menambahkan, pada dasarnya setiap sistem pemilu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terpenting adalah konsistensi pengaturannya. Misalnya jika pemilu tertutup memastikan tidak beli kucing dalam karung.

  • Bagikan