Wawali Pimpin Pemkot Parepare Hadiri Adu Gagasan Tiga Bakal Capres di Rakernas Apeksi

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKSUL - Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe kembali memimpin jajaran Pemerintah Kota Parepare menghadiri hari kedua Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2023 di Upper Hills Convention Hall, Makassar, Kamis (13/7/2023).

Hari kedua ini menarik, karena di sela Rakernas hadir tiga tokoh Bakal Calon Presiden, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto memaparkan gagasannya tentang visi kota ke depan secara bergantian di waktu yang berbeda.

Adu gagasan yang dipandu oleh Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto ini berlangsung di hadapan para Wali Kota anggota Apeksi yang hadir dalam Rakernas.

Ketiganya masing-masing diberi kesempatan memaparkan gagasannya dalam durasi waktu 30 menit dilanjutkan dengan tanya jawab bersama para Wali Kota di panggung yang sama namun waktu yang berbeda.

Gubernur Jawa Tengah yang diusung PDI Perjuangan menjadi Bakal Calon Presiden, Ganjar Pranowo mendapat kesempatan pertama memaparkan gagasannya.

"Pak Gubernur (Ganjar Pranowo), satu kata untuk Pak Prabowo Subianto dan Mas Anies Baswedan," tanya Bima Arya kepada Ganjar sebelum memaparkan gagasannya. "Senior (Prabowo), dan teman (Anies)," jawab Ganjar.

Pertanyaan sama juga diajukan kepada Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta dan mantan Mendiknas yang mendapat giliran kedua memaparkan gagasannya. "Patriot (Prabowo), sahabat lama (Ganjar)," ucap Anies Baswedan.

Menteri Pertahanan RI, yang diusung Partai Gerindra sebagai Bakal Calon Presiden, Prabowo Subianto pada kesempatan ketiga juga disodorkan pertanyaan yang sama. "Profesor (Anis), Gubernur (Ganjar)," tegas Prabowo.

Ketiganya usai pemaparan gagasan diserahkan butir-butir rekomendasi Apeksi yang diserahkan oleh Bima Arya mewakili seluruh anggota Apeksi.

Bima Arya mengemukakan Apeksi memiliki tiga pesan utama dalam Rakernas untuk disampaikan ke Indonesia. Pertama, Apeksi konsisten mengawal otonomi, kedua Apeksi mendorong penyiapan generasi muda menyonsong Indonesia Emas 2045, dan ketiga Apeksi siap mengawal tahun politik 2024 demi keberlanjutan pembangunan kota di Indonesia. "Apeksi berharap Pemilu aman, damai, dan membahagiakan semua orang," harap Bima Arya.

Wakil Wali Kota (Wawali) Parepare, Pangerang Rahim menyambut baik adu gagasan tiga Bakal Calon Presiden yang diinisiasi Apeksi. "Pastinya ini sangat baik, positif. Kita bisa mengenal lebih dekat para Bakal Calon Presiden kita beserta gagasan-gagasannya untuk Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat," tandas Pangerang.

Pangerang turut didampingi Sekda Kota Parepare H Iwan Asaad, Asisten I Hj Amina Amin, Asisten II Hj Suriani, Asisten III Eko W Ariyadi, Plt Kepala Bappeda Zulkarnaen Nasrun, dan beberapa pejabat Pemkot Parepare lainnya. (*)

  • Bagikan