BPDPKS Bagikan berbagai Kebaikan Minyak Sawit Pada Gelaran ICE ke 19 dan Festival Seni Budaya Nusantara

  • Bagikan
Pengurus BPDPKS Foto Bersama Usai Gelar Bagikan berbagai Kebaikan Minyak Sawit Pada Gelaran ICE ke 19 dan Festival Seni Budaya Nusantara.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) ikut mendukung terselenggaranya Pameran Indonesia City Expo (ICE) ke 19 dan Festival Seni Budaya Nusantara.

Perhelatan yang merupakan rangkaian kegiatan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 ini
menampilkan inovasi, program-program, dan produk asli dari daerah anggota Apeksi yang ditampilkan lewat stan pameran.

Keberadaan Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit pada gelaran ICE ini sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan komite pengarah dengan memperhatikan program pemerintah Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Kepala Divisi UKM dan Koperasi BPDP Kelapa Sawit, Helmi Muhansyah menjelaskan, dalam struktur BPDPKS terdapat divisi kemitraan yang memiliki tugas dalam melaksanakan kemitraan UKM dan Koperasi Sawit.

"Dari kegiatan ini diharapkan dapat mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit yang produknya digunakan dalam kegiatan kita selama 24 jam dan memperkenalkan beragam produk turunan sawit yang bisa diusahakan dalam skala UMKM dan dapat dikolaborasikan dengan anggota APEKSI yang memiliki dinas-dinas UKM," ujar Helmi, Kamis (13/7).

Lanjut Helmi, kehadirannya di ICE merupakan salah satu strategi penting dalam membangun usaha kecil menengah dan koperasi berbasis sawit di era pandemi adalah kemitraan strategis serta menjalin kemitraan strategis antara perusahaan besar dengan usaha kecil menengah koperasi sawit dengan prinsip saling menguntungkan dalam upaya untuk meningkatkan daya saing.

"Dengan demikian akan meningkatkan peluang dari usaha kecil menengah dan Koperasi untuk naik kelas. Usaha kecil naik kelas menjadi usaha menengah yang bisa naik ke kelas yang besar," katanya

Sementara, dari sisi kualitas produk-produk usaha kecil menengah dan koperasi sawit, diharapkan juga dapat lebih kompetitif baik dari kualitas produknya, desain, kemasan dan dari sisi manajemennya menjadi lebih baik dengan adanya kemitraan seperti yang diharapkan.

"Harapan kami akan diperoleh usulan solusi dan ide-ide kreatif dalam upaya meningkatkan peran usaha kecil menengah dan koperasi dalam perekonomian terutama di masa kolaborasi dan kemitraan dengan berbagai stakeholder terkait. Kemitraan strategis ini menjadi bagian penting dari tindak lanjut dalam upaya memperkuat kelembagaan usaha kecil menengah dan koperasi sawit," tutupnya. (*)

  • Bagikan