Sukses Hadirkan 3 Bacapres di Makassar, Danny Pomanto Dinilai Kian Bersinar Maju Pilgub Sulsel

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Langkah politik Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto diperkirakan akan semakin bersinar dengan suksesnya menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) ke XVI 2023.

Apalagi Rakernas ini dihadiri 88 Wali Kota dari total keseluruhan 98 yang tersebar di Indonesia. Serta Rakernas ini turut memberi ruang terhadap Bakal Calon Presiden (Bacapres), Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto mengadu gagasan visi - misi apabila diamanahkan melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi di 2024.

Upaya menghadirkan Bacapres ini pun secara tidak langsung akan memberikan nilai positif terhadap Danny Pomanto. Karena sebagai tuan rumah tidak memihak ke calon tertentu.

Apalagi, Danny Pomanto saat ini non partai. Sehingga dapat ditafsirkan Danny punya peluang merapat ke Bacapres siapa saja.

Pengamat Politik dari Universitas Hasanuddin Makassar, Sukri Tamma menilai, kehadiran Bacapres dalam kegiatan tersebut secara tidak langsung telah memberikan kredit poin terhadap tuan rumah. Serta keberhasilan pagelaran Rakernas Apeksi memberikan hal positif terhadap posisi Danny Pomanto sebagai Wali Kota Makassar.

Dengan begitu, diungkapkan Sukri, hal ini akan memberikan dampak positif terhadap Danny Pomanto apabila bertarung di Pilgub Sulsel.

"Apalagi Pilpres lebih dulu digelar kemudian disusul Pilkada. Event ini secara tidak langsung memberikan sokongan elektoral terhadap Danny Pomanto," ujarnya, Senin (17/7/2023).

Akademisi Unhas itu menyampaikan, kondisi ini tentu dapat diklaim Danny Pomanto sebagai sebuah keberhasilannya dalam menyelenggarakan sebuah event nasional yang sangat penting dan dianggap berhasil.

"Tentu saja salah satu efeknya adalah Danny Pomanto tentu dapat menjadikannya salah satu 'jualannya' dalam upayanya saat ini menuju pada Pilgub Sulsel," ucapnya.

Dekan Fakultas Sospol Unhas ini menyebutkan, keberhasilan Rakernas Apeksi yang dikemas secara apik ini tidak lepas dari sentuhan Danny Pomanto.

Sehingga akan memunculkan imej kepada Danny sebagai Kepala Daerah yang memiliki kemampuan. Jika kegiatan Apeksi kemarin diterima masyarakat sebagai sebuah keberhasilan.

"Maka tentu akan menjadi salah satu alasan bagi potensi dukungan masyarakat kepadanya untuk menjadi pemimpin pada level yang lebih tinggi," ucapnya.

Sebelumnya, Danny selaku tuan rumah mengatakan, Rakernas Apeksi ini menjadi agenda bersejarah. Terlebih kata Danny, sekarang ini Indonesia ada pada posisi rotasi kepemimpinan nasional.

Sehingga banyak aspirasi dan inspirasi dari kota yang dibutuhkan untuk membangun negeri dengan sinergi dan kolaborasi.

"Ini sejarah, karena sebelum selesai 85 wali kota, masih bisa berbuat untuk bangsa dan negara dengan masing-masing gagasan yang ada. Makassar dengan kulturnya sangat menghormati tamu-tamunya karena tamu adalah raja," katanya singkat. (Suryadi/B)

  • Bagikan