Peduli Warga Kurang Mampu, Satgas TMMD Bangun Jamban Guna Cipta Lingkungan Sehat

  • Bagikan
Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 TA 2023 Kodim 1411/Bulukumba membangun jamban di rumah Ibu Jumasia Daeng Puji, Lingkungan Tanah Lembang, Kelurahan Tanah lemo, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba Provinsi Sul-Sel, Kamis (20/07/2023).

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL- Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 TA 2023 Kodim 1411/Bulukumba membangun jamban di rumah Ibu Jumasia Daeng Puji, Lingkungan Tanah Lembang, Kelurahan Tanah lemo, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba Provinsi Sul-Sel, Kamis (20/07/2023).

Dansatgas TMMD Ke-117 Kodim 1411/Bulukumba Letkol Inf Kaharuddin Dj. S.Pd., M.Tr. (Han) mengatakan, pembangunan jamban dikerjakan melalui budaya semangat bergotong royong bersama warga sekitar.

“Satgas bersama dengan warga saling bantu-membantu membangun dalam pembangunan Jamban, hal tersebut merupakan salah satu wujud kedekatan TNI dengan rakyat,” ucapnya.

“Kebersamaan dalam pengerjaan itu wujud kemanunggalan TNI-Rakyat, dan kembali membangkitkan budaya gotong-royong yang mulai luntur di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang,” tegas
Letkol Inf Kaharuddin Dj. S.Pd., M.Tr. (Han).

Sementara itu, Pasiter Kodim 1411/Bulukumba Kapten Kav Andi Mapparanru menyampaikan bahwa, dalam Program Satgas TMMD Ke-117 membangun jamban untuk warga/masyarakat kurang mampu di Kelurahan Tanah lemo. Dalam progres pembangunan terus dikebut sehingga selesai TMMD tanggal 10 Agustus 2023 mendatang, sudah selesai.

Jamban ini merupakan salah satu sasaran fisik tambahan dalam program TMMD yang bertujuan untuk meringankan kesulitan masyarakat.

Selain pembangunan infrastruktur fisik, program TMMD juga melibatkan kegiatan nonfisik seperti penyuluhan, bakti sosial, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami di sini siaga 24 jam, tidak libur. Satgas mengerjakan sasaran TMMD salah satunya pembangunan sanitasi Jamban” ujarnya.

Dalam pelaksanaan pembangunan Jamban, warga Kelurahan Tanah lemo Kec. Bonto Bahari menyambut dengan gembira.

Karena selama ini sistem sanitasi yang buruk dan membuat kotor lingkungan akan menjadi baik dan sehat untuk masyarakat. (Supahrin)

  • Bagikan