Pemkab Selayar Raih Penghargaan Nasional Bidang Koperasi Tingkat Pratama

  • Bagikan
Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif atas nama Pemerintah Daerah menerima penghargaan Nasional di bidang Koperasi tingkat Pratama, di Auditorium UNP, Padang Sumatera Barat, Ahad (23/7) siang.

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif atas nama Pemerintah Daerah menerima penghargaan Nasional di bidang Koperasi tingkat Pratama bersama 44 pejabat lain yang setingkat.

Penghargaan ini diserahkan Menteri Perindustrian, Agus Gumian Karta Sasmita didampingi Ketua Dekopin Prof. DR Hc. H.A.M. Nurdin Halid dan Gubernur Sumatera Barat Mahyedi Amrullah, di Auditorium UNP, Padang Sumatera Barat, Ahad (23/7) siang.

Wabup didampingi Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Andi Abd. Rahman serta Anggota DPRD Selayar, Muh. Aqsa Ramadhan, Kapasitasnya sebagai Ketua Dekopinda Kepulauan Selayar

Senada dengan Bupati, kepada pers, seusai mengikuti acara bergengsi tersebut, Wabup menyatakan, prestasi ini adalah hasil bersama semua stakeholders, karena itu patut dipertahankan bahkan ditingkatkan dan dikembangkan pada bidang bidang lain.

Menteri Perindustrian dalam sambutannya antara lain menegaskan, koperasi harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, karena itu piagam penghargaan yang diterima hendaknya menjadi cambuk untuk meningkatkan daya saing koperasi dalam menghadapi persaingan yang makin ketat.

Untuk itu, dia mengingatkan, pentingnya digitalisasi untuk penghematan waktu, biaya, dan tenaga, serta memperkuat daya saing koperasi di era persaingan usaha yang makin ketat, baik di dunia global maupun lokal Indonesia.

Koperasi bukan hanya pilar ekonomi, namun juga pilar bangsa, maka perlu terus disosialisasi di semua lapisan masyarakat.

Mewakili Presiden, Menteri Perindustrian mengingatkan, Koperasi bukan hanya pilar ekonomi, namun juga pilar bangsa, tegasnya lalu melanjutkan, maka perlu terus disosialisasi di semua lapisan masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Dekopin putra Sulsel, Nurdin Khalid mengingatkan agar semua pihak mewujudkan pesan Bung Hatta, Nilai kegotong royongan dan prinsip kekeluargaan.

Dikatakan, demokrasi dan ekonomi kita sedikit melenceng, karena itu, pihaknya merencanakan Seminar Nasional yang melibatkan 4 pilar masyarakat; akademisi, BUMN, swasta, dan koperasi dengan menghadirkan pembicara para calon presiden, agar kita bisa kembali menghidupkan praktek Demokrasi Pancasila dan Ekonomi Pancasila, tegas Nurdin Khalid.

Sedangkan penerima penghargaan kategori tertinggi, Bintang Adidaya Jagadita, yakni Adi Sasono, Mentri Koperasi Syarif Hasan, dan Gubernur Sumbar, dengan prestasi masing masing di bidang koperasi.

Atas nama Presiden, Menteri Perindustrian juga menyerahkan piagam penghargaan dengan kategori "Penggerak Utama" sebanyak 12 orang, dan kategori "Madya", termasuk Selayar sebanyak 45 orang.

Menteri Koperasi, Teten Maduki, turut berikan sambutan secara Virtual, pada Peringatan Hari Koperasi ke 76 bertema “Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal, Menuju Ekonomi Gotong Royong Yang Mandiri, Modern dan Berdigital". (*)

  • Bagikan