Menteri PUPR Target Bendungan Pamukkulu Rampung Akhir Tahun

  • Bagikan
Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono saat konferensi pers setelah menghadiri pembukaan Kongres ASEAN Arsitek ke-4 tahun 2023, di Makassar, Selasa (27/7/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pembangunan Bendungan Pamukkulu di Desa Kale Ko’mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar diproyeksikan bakal tuntas di akhir tahun 2023 ini.

Hal itu disampaikan oleh Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono saat konferensi pers setelah menghadiri pembukaan Kongres ASEAN Arsitek ke-4 tahun 2023, di Makassar, Selasa (27/7/2023).

“Pamukkulu saya kira selesai pada tahun ini, akhir 2023. Desember,” ujar Basuki Hadimuljono.

Diketahui, Bendungan Pamukkulu merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang.

Dengan Proyeksi manfaat untuk masyarakat dan petani itu seperti irigasi 6.188 ha (Peningkatan IP dari 183% menjadi 280% dengan pola tanam padi-padi-palawija), penyediaan air baku Kota Takalar 160 liter/detik, pengendalian banjir, konservasi sumber daya air, pembangkit listrik tenaga air 4,3 MW, dan pengembangan pariwisata. (Abu/A)

  • Bagikan