45 Hari di Kepulauan Selayar, Pemkab Lepas Mahasiswa KKN Tematik asal UGM dan Unhas

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Asisten Ekonomi dan Pembangunan (EKBANG) Ir. H. Arfang Arief lepas secara resmi Mahasiswa KKN Universitas Gadjah Mada Jokyakarta dan Universitas Hasanuddin Makassar, di Pendopo Kantor Dekranasda, Jumat, (11/8 2023).

Diketahui para mahasiswa ini telah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik diwilayah Kabupaten Kepulauan Selayar selama 45 hari.

Dalam pidatonya Arfang Arief membacakan sambutan Bupati Kepulauan Selayar, Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar mengucapkan terima kasih dan apresisasi yang setinggi-tingginya kepada segenap Civitas Akademika Universitas Gajah Mada dan Universitas Hasanuddin yang telah menempatkan mahasiswanya di Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata Tematik Pariwisata. Arfang Arif berharap agar penempatan mahasiswa di Kepulauan Selayar terus berlanjut.

"Ucapan terima kasih dan rasa bangga juga saya sampaikan kepada adik-adik mahasiswa, dengan semangat dan keikhlasan selama kurang lebih 40 hari dapat menyelesaikan program kerja di desa masing-masing," ucap Arfang Arief.

Lanjut dikatakan, program kerja para mahasiswa sangat mendukung program pemerintah daerah. Dengan kreatifitas, inovasi, kolaborasi semua pihak yang telah gagas, telah menghasilkan dampak yang sangat positif bagi masyarakat di lokusnya masing-masing.

"Saya berharap kepada para Kepala OPD terkait dan Kepala Desa, agar apa yang telah diprogramkan dan dikerjakan oleh Adik-adik Mahasiswa bersama masyarakat, kiranya dapat dilanjutkan dengan dukungan sumber daya yang dimiliki," ucapnya.

"Saya ucapkan selamat jalan dan selamat kembali ke Kampus masing-masing, semoga adik-adik tetap sehat dan semangat untuk belajar lagi. Kami berharap suatu saat Adik-adik kembali lagi ke Selayar dengan program yang baru, paling tidak sebagai wisatawan," pungkasnya mengakhiri sambutan Bupati yang dibacakan.

Koordinator perwakilan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jokyakarta, Galau D. Muhammad mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar -besarnya kepada segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan masyarakat Selayar,

"Kami tidak akan melupakan ikhtiar dan baktinya selama kami berada disini. Kami bukan putra Selayar, kami tidak mengenal tutur seperti apa bahasa selayar, tetapi yang kami berada disini adalah keinginan kita bersama untuk membangun daerah Selayar sebagai satu pulau bersama, dimana setiap orang bisa berkontribusi sekecil apapun yang dapat menghadirkan kemanfaatan,' katanya.

Menurutnya, Kepulauan Selayar bukanlah tempat asing bagi UGM, tetapi adalah tempat keluarga besar UGM dan disinilah tempatnya belajar.

"Selama kami disini dikelilingi orang - orang baik, mulai dari jajaran pemerintah kabupaten, Kecamatan dan Desa sampai kepada masyarakat selayar yang telah menganggap kami sebagai keluarga, kami hanya bisa mendoakan bahwa hal yang baik akan dibalas dengan kebaikan pula," ucapnya.

Senada dengan koordinator dari perwakilan Mahasiswa Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar Muhammad Irsan, yaitu ucapan terima kasih kepada Jajaran Pemerintah dan masyarakat kepulauan Selayar atas segala bantuan, kontribusi yang telah diberikan kepada Mahasiswa selama melakukan KKN Tematik di Selayar.

"Terima kasih untuk 45 harinya kami di Selayar, tak lupa kami minta maaf atas segala kesalahan, baik itu berupa tingkah laku ataupun ucapan yang kurang berkenan khususnya masyarakat Selayar dimana tempat kami mengabdikan diri, kami seluruh rombongan KKN izin pamit, semoga apa yang telah kami abdikan bisa bermanfat untuk pemerintah kabupaten kepulauan Selayar khususnya masyarakat Selayar," tutup Irsan.

Hadir dalam acara pelepasan mahasiswa KKN, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setda, Para Kepala OPD Kepulauan Selayar. (*)

  • Bagikan