Tingkatkan Penggunaan Produk lokal, Mendag Zulkifli Hasan Wajibkan Kebijakan ini

  • Bagikan
Mendag Zulkifli Hasan hadiri kegiatan di kantor shopee, Senin (14/8). (Foto: Biro Humas Kemendag)

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan pengaturan kebijakan perdagangan secara elektronik (e-commerce) akan menguntungkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan lokapasar (marketplace).

Dia menyebutkan aturan itu akan meningkatkan kecintaan masyarakat menggunakan produk dalam negeri.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menegaskan Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen terus memperkuat dan memajukan UMKM serta lokapasar secara optimal dan berkelanjutan.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan seusai melakukan siaran secara langsung di kantor Shopee Indonesia, Jakarta, Senin (14/8).

"Kemendag mengatur dan menata agar e-commerce dan marketplace secara optimal dapat mengembangkan produk-produk buatan Indonesia. Penataan ini tidak merugikan e-commerce. Kami ingin ekosistem perdagangan melalui e-commerce menguntungkan UMKM dan membuat ecommerce berkembang maju," kata Zulhas dikutip JPNN.com, Rabu (16/8).

Zulhas juga menyebutkan dari sisi pembinaan, Kemendag telah mengembangkan kerja sama UMKM, ritel modern, lokapasar, dan lembaga pembiayaan, termasuk pembiayaan ekspor.

Tak hanya itu, dia juga berpesan agar masyarakat semakin bangga menggunakan produk buatan Indonesia.

  • Bagikan