Usulkan Anggaran Pengerjaan Pedestrian Kota Makassar Rp500 Miliar, Danny: Sekaligus Jaringan Kabel Fiber Optik

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto akan berencana mengusulkan anggaran sekitar Rp500 miliar untuk penataan pedestrian di Kota Makassar.

Termasuk penataan saluran bawah tanah untuk kabel fiber optik. Rencananya, akan dilakukan pada tahun depan 2024. 

"Saya usulkan nanti tahun depan seluruh kita kerjakan pedestrian bersama dengan saluran bawah tanahnya untuk kabel optik," ujar Danny, Minggu (20/8). 

Ia menyebut rencana itu akan diusulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar. Danny menyebut seluruh jaringan kabel fiber optik di Kota Makassar akan berada di saluran bawah tanah. 

"Saya usulkan ke DPRD dengan biaya yang sekaligus agar ada legacynya teman-teman untuk kota ini. Termasuk dengan kabel optik. Pemerintah yang buat itu tapi disewakan," jelas Danny. 

Tak hanya itu, nantinya, kata Danny, saluran bawah tanah untuk kabel fiber optik akan disewakan sehingga dapat menjadi pendapatan asli daerah (PAD). 

"Saya usulkan kalau boleh Rp500 milyar kita bikin, jumlah tersebut akan kembali, uangnya kita karena ini bakal di sewa," ucap Danny. 

Danny menyebut penyewaan saluran bawah tanah untuk kabel fiber optik akan diatur dalam Peraturan Daerah (perda).

 "Karena sudah ada sekarang, karena omnibus, bawah tanah itu kewenangan pemkot. Jadi harus dibuat perdanya bahwa didaerah kita, untuk penyewaan," kata Danny. (Shasa/B) 

  • Bagikan