El Nino Diperkirakan Sampai Oktober, BBMKG: Masyarakat Jangan Bakar Lahan

  • Bagikan
Ilustrasi pembakaran lahan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Balai Besar Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV  Makassar memprediksi El Nino diperkirakan berlangsung sampai Oktober 2023 ini.

Prakirawan BBMKG Wilayah IV Makassar, Sultan Zakaria menyampaikan untuk wilayah pesisir barat, pesisir selatan dan timur sulsel masih akan didominasi cuaca cerah dan cerah berawan.

Ia menyampaikan, wilayah barat Sulsel meliputi Maros, Pangkep, Barru, Parepare sampai Pinrang. Lalu, Wilayah Timur Sulsel meliputi Sinjai, Bone, Soppeng hingga Wajo. Kemudian, Wilayah Selatan Sulsel dari Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng hingga Bulukumba.

Kata dia, untuk wilayah pesisir utara sulsel, yaitu kabupaten Luwu, Luwu timur dan Palopo dan Luwu Utara sudah akan mendapati hujan.

"Ada potensi hujan dengan intensitas ringan," sebutnya dikonfirmasi, Jumat (25/8/2023).

Ia melanjutkan, meski sudah masuk pada fase El Nino saat ini sulsel belum masuk kedalam cuaca ekstrem.

Kata dia, untuk wilayah selain  Pesisir Utara itu kisaran suhunya diperkirakan 31-33 derajat celsius. "November sudah mulai ada hujan, dan seterusnya," bebernya.

Ia mengimbau, untuk masyarakat saat ini yang memiliki lahan perkebunan sekiranya untuk tidak melakukan pembakaran untuk melakukan pembersihan karena dikhawatirkan terjadi kebakaran yang meluas.

"Untuk masyarakat sulsel untuk tidak membakar lahan dulu untuk pembersihan karena di khawatirkan kebakaran meluas," sebutnya. (Abu/B)

  • Bagikan