Manajemen RSUD Andi Makkasau Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional 2023

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare peringati hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional tahun 2023.

"Gigiku Kuat, Tubuhku Sehat. Selamat memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional tahun 2023," tulis manajemen RSUD Andi Makkasau Parepare di akun media sosial miliknya.

Sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga tentang Kesehatan Gigi dan Mulut yang dibawakan oleh Dokter Internship dan PKRS.

Kegiatan itu dilaksanakan di ruang tunggu lantai 1 poliklinik rawat jalan RSUD Andi Makkasau Parepare. Kamis dan Sabtu (7-9/09/2023).

Wakil Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Andi Cenrara mengatakan edukasi yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada pasien dan keluarganya pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Kesehatan gigi dan mulut, kata Andi Cenrara adalah hal yang sangat penting karena gigi dan gusi yang rusak dan tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya. Bila tidak dibersihkan dengan baik maka sisa makanan yang tertinggal di gigi akan membentuk koloni bersama bakteri yang disebut plak.

Plak pada gigi, lanjutnya selain dapat menyebabkan gigi berlubang juga bisa menyebabkan peradangan pada gusi yang disebut gingivitis dan bila dibiarkan akan bertambah parah menyebabkan penyakit periodontal yang akibat terburuknya bisa menyebabkan kehilangan gigi.
(*)

  • Bagikan