Dibalik Lautan Massa Jalan Gembira

  • Bagikan
Jalan Gembira Bersama Cawapres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar menyedot atensi publik

Oleh : TAMSIL LINRUNG

RAKYATSULSEL - Pembicaraan mengenai satu juta massa Jalan Gembira Bersama Cawapres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar menyedot atensi publik. Peristiwa terbesar sepanjang sejarah pilpres di Sulawesi Selatan itu, menjadi tajuk utama perbincangan politik. Gaungnya berdengung lantang di media sosial Instagram, Youtube, X (Twitter) dan Tiktok. Percakapan mengenai peristiwa fenomenal itu bergulir organik.

Dari analisis big data pasca-Jalan Gembira yang dilakukan oleh tim saya, amplifikasi informasi di media sosial saja (tidak termasuk portal berita), mencapai 35 juta. Persisnya, 35.833.450 jangkauan audiens selama 6 hari. Jika dilacak ke belakang selama 30 hari sejak sosialisasi dan persiapan pra-Jalan Gembira, impresinya mencapai angka 72.249.664 di media sosial. Sementara data jangakan pemberitaan media online tercatat di angka 81.588.603 audiens.

Sebetulnya ada belasan rangkaian kegiatan Anies-Muhaimin selama safari politik di Sulsel. Antara lain kunjungan ke Istana Datu Luwu di Palopo bersama rombongan Nasdem Sulsel. Agenda di Palopo tersebut diketuai caleg Demokrat Sulsel Asri Tadda.

Anies juga hadir di apel siaga PKS, peresmian Posko Wilayah Sulsel yang difasilitasi Daeng Makmur Ante Pasau, peresmian Posko Induk Indonesia Timur yang dipimpin oleh adinda Ramli Rahim, pertemuan dengan Gen Perubahan di kediaman Pak Miswar, pertemuan dengan pegiat sosial media yang difasilitasi influencer yang juga Waketum PKB Sulsel adinda Rijal Djamal, serta diskusi di kampus UNHAS yang dimoderatori oleh Ketua Majelis Daerah KAHMI Makassar Prof. Andi Pangerang Muntha dan banyak lagi rangkaian agenda lainnya. (*)

  • Bagikan