Antisipasi Bentrokan Susulan, Ratusan Polisi Dikerahkan Jaga Pasar Butung

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ratusan personel gabungan dikerahkan untuk berjaga di sekitar Pasar Butung, Kecamatan Wajo, Makassar, Selasa malam (3/10/2023). Penjagaan ini dilakukan pasca bentrokan dua kelompok massa subuh tadi.

Pantauan di lokasi, sekitar pukul 21.22 Wita, ratusan personel gabungan dari Polres Pelabuhan Makassar, Brimob Polda Sulsel, TNI, Satpol PP Makassar, dan petugas Damkar Makassar, berjaga di setiap sudut Pasar Butung.

Para petugas yang berjaga pun nampak dilengkapi senjata lengkap, termasuk beberapa personel kepolisian juga terlihat berpakaian preman melakukan pengamanan. 

Kondisi pengamanan Pasar Butung

Beberapa kendaraan taktis milik Sabhara Polres Pelabuhan Makassar pun turun disiagakan di lokasi.

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto mengatakan, personel yang diturunka dari Polres Pelabuhan sekitar 200 orang, dari Polda Sulsel 100 orang, dan Satpol PP Kota Makassar 60 orang. 

"Pengamanannya di sekitar pasar butung karena diperkirakan massa akan menduduki pasar butung sehingga kita mengantisipasi agar tidak terjadinya keributan seperti yang kemarin," ujar Yudi di lokasi. 

Diceritakan Yudi, setelah pengambil alihan pengelolaan Pasar Butung oleh PD Pasar Makassar Raya dari KSU Bina Duta, kegiatan pedagang telah kembali seperti biasa.

"Situasinya pasca pengambil alihan, tadi siang kegiatan dari pedagang sudah seperti biasa atau normatif," ujarnya.

Namun karena terjadi bentrokan pada Selasa subuh tadi, Yudi menuturkan pihaknya melakukan upaya antisipasi.

"Takutnya dari pihak yang memang mau jadi provokator atau pihak yang mau merusak, kami sudah antisipasi," ujarnya.

Yudi pun menegaskan, pihaknya akan memberikan pengamanan ketat selama 24 jam di sekitar Pasar Butung. 

"Penjagaan di sini 24 jam, karena kita mengamankan aset daerah. Perkiraan, kami tidak bisa menargetkan, namun yang pasti kami 24 jam siap menjaga," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan