Pengelolaan Pasar Butung Masih Berpolemik, PD Pasar Keluarkan Surat Edaran ke Pedagang

  • Bagikan
Pasar Butung Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pengambilalihan pengelolaan aset Pasar Butung yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar dari pihak Koperasi Serba Usaha (KSU) Bina Duta hingga saat ini masih berpolemik.

Sebab, meskipun Pemerintah Kota Makassar melalui PD Pasar Raya telah melakukan proses pengambilalihan pengelolaan Pasar Butung. Tetapi, pihak dari KSU masih berada di Pasar Butung

Seperti, keberadaan sekuriti dari KSU yang masih melakukan penjagaan di area Pasar Butung. Hal itu, tentunya memberikan kesan ke pedagang bahwa mereka masih jadi pengelola di Pasar Butung.

"Tidak ada (keributan) cuma ini kelompok-kelompok sekuritinya dari KSU selalu mau masuk. Mau menunjukkan ke pedagang bahwa KSU masih ada," ujar Direktur Teknis PD Pasar Raya, Syamsul Tanca saat ditemui Senin (9/10).

Karena hal tersebut,  membuat pedagang bingung dan resah sebab masih berfikir bahwa pengelolaan Pasar Butung berada di Pihak KSU.

"Pihak-pihak koperasi itu kan selalu memberikan kesan kepada pedagang bahwa mereka masih mengelola karena ada penagihan service charge yang batasnya tanggal 20," terang Syamsul.

Maka dari itu, kata Syamsul, pihaknya mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan surat edaran terkait segala bentuk pembayaran atau iuran yang sah hanya di PD Pasar Raya Makassar. Selain itu dianggap tidak sah, termasuk  kejelasan Pasar Butung yang dikelola secara resmi oleh PD Pasar Raya Makassar.

"Jadi pedagang kasian ini kan bingung. Dia tidak bayar, nanti mereka kembali yang kelola. Kalau dia bayar rugi. Makanya tadi kita kasih keluarkan edaran," jelas Syamsul.

Meski begitu, Syamsul Tanja mengaku tidak ingin terjadi gesekan antara Pemkot dan Pihak KSU. Sehingga, akan melakukan langkah-langkah persuasif kepada pihak KSU untuk menyelesaikan permasalah tersebut.

Namun, kata Syamsul, pihaknya telah mendapat perintah tegas dari Wali Kota Makassar untuk melaporkan segala bentuk perlawanan yang dilakukan oleh Pihak KSU ke pihak Kepolisiaan Daerah (Polda) Sulsel.

"Jelas beliau menegaskan bahwa selamatkan aset kita. Siapapun oknum laporkan," ucap Syamsul.

Lebih jauh, Syamsul menyebutkan aktivitas di Pasar Butung masih berjalan dengan lancar. Meski tetap dilakukan penjagaan disekitar Pasar Butung oleh pihak Polres Pelabuhan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar. (Shasa/B)

  • Bagikan