Tantangan dan Peluang Kepala Daerah Maju Jadi Caleg di Pemilu 2024

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sejumlah kepala daerah di Sulsel mendaftar untuk bertarung berebut kursi menjadi calon anggota legislatif di Pemilu 2024 mendatang.

Di Sulsel sejumlah nama yang dipastikan akan bertarung di Pileg mendatang diantaranya Fatmawati Rusdi (Wakil Wali Kota Makassar), Taufan Pawe (Wali Kota Parepare), Andi Fashar Padjalangi (Bupati Bone), Muslimin Bando (Bupati Enrekang), Iksan Iskandar (Bupati Jeneponto), Syamsari Kitta (eks Bupati Takalar) dan Asman (Wakil Bupati Enrekang).

Disisi lain, para anggota legislatif petahana juga masih maju bertarung di Pileg 2024 untuk mempertahankan kursi masing-masing di DPR RI.

Lantas bagaimana peluang para petahana DPR RI ini terpilih kembali, menyusul banyaknya eks kepala daerah yang maju ke parlemen, yang hampir dipastikan akan menggerus suara petahana di Dapil masing-masing.

Menanggapi hal ini, pengamat politik Unibos Makassar, Arief Wicaksono mengatakan seharusnya para petahana ini mampu mempertahankan kursinya.

"Di lapangan politik, ada adagium hanya orang bodoh, yang sudah jadi incumbent lalu tidak kembali terpilih," kata Arief, Kamis (12/10/2023).

Menurut Dekan Fisip Unibos itu, ungkapan itu ada benarnya juga, karena rerata incumbent hampir bisa dipastikan sudah menguasai pemetaan dan infrastruktur-suprastruktur politik.

  • Bagikan