Analisis Kekuatan Demokrat Dapil Sulsel I: Persaingan Dinamis, Kader Sama Kuat

  • Bagikan
(dokumen Rakyat Sulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Selatan terus berambisi untuk mengamankan kursi di daerah pemilihan (dapil) Sulsel I pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Delapan bakal calon legislatif (bacaleg) mereka termasuk sang petahana Aliyah Mustika Ilham siap bersaing agar bisa duduk di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Ketua Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi (OKK) Demokrat Sulsel, Aslan mengungkapkan, komposisi bacaleg di dapil Sulsel I terbilang cukup baik karena diisi oleh figur yang kemungkinan besar mendapatkan banyak suara.

Sehingga, kata dia, pihaknya optimistis masih bisa mempertahankan bahkan menambah raihan kursi di Senayan.

"Keyakinan ini (meraih suara optimal) karena Demokrat memiliki kader petahana, yakni Aliyah Mustika Ilham dan ditopang tujuh bacaleg lain yang patut diperhitungkan. Mulai dari Andi Nurpati, Idris Kadir, Abdul Rahmat Noer, Maya Rahmatia Arkiang, Andi Mustaman dan Sindawa Tarang.
Jadi kami optimis kalau kita mampu mempertahankan kursi di Sulsel I," ungkap Aslan saat dikonfirmasi Harian Rakyat Sulsel, Senin (16/10/2023).

Apalagi, lanjut Aslan, saat ini delapan bacaleg tersebut sudah turun ke masyarakat untuk bersosialisasi. Tujuannya, agar mereka lebih dikenal sehingga dapat terpilihan pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Semuanya sudah bergerak, seperti pak Sindawa Tarang di Takalar, kalau ibu Aliyah saya lihat sosialisasinya di mulai dari Selayar, dan bacaleg lainnya juga begitu," bebernya.

Meski demikian, Aslan mengakui bahwa masih ada bacaleg belum terlalu memperlihatkan bahwa mereka sosialisasi. "Ada juga belum kelihatan tapi mungkin dia melakukan sosialisasi melalui silent (diam)," tuturnya.

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Sukri Tamma menyatakan, persaingan memperebutkan kursi di Senayan terus sangat dinamis. Apalagi para penantang mereka baik internal maupun eksternal partai hampir sama kuat.

"Kalau Incumbent rajin turun reses dan sosialisasi itu masih memungkinkan bisa kembali dipilih. Tapi belum jaminan bisa terpilih karena kita lihat banyak petahana dan figur-figur bagus di dapil tersebut," singkat Sukri Tamma. (Fahrullah/B)

  • Bagikan