KPU Wajo Cek Validasi Ijazah Bacaleg

  • Bagikan
FAHRULLAH/RAKYATSULSELVALIDASI IJAZAH BACALEG. Jajaran KPU Kabupaten Wajo saat mengecek keaslian ijazah bacaleg di Universitas Muhammadiyah Bone, baru-baru ini

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo melakukan validasi dokumen bakal calon legislatif (bacaleg) yang bekerja sama dengan tiga Universitas di Kabupaten Bone sejak Rabu, (18/10/2023).

"Tim KPU Kabupaten Wajo melakukan klarifikasi ijazah di tiga perguruan tinggi di kabupaten bone, yaitu Universitas Cahaya Prima Bone, IAIN Bone dan Universitas Muhammadiyah Bone," ungkap Komisioner KPU Wajo, Iin Fitriani saat dikonfirmasi Harian Rakyat Sulsel, Kamis (19/10/2023).

Dia menyebutkan, langkah ini sebagai bentuk tindak lanjut klarifikasi syarat calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten wajo.

"Klarifikasi ini dilakukan selama dalam tahapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan calon sementara hasil pencermatan rancangan daftar calon tetap (DCT)," papar Iin.

Dia menjelaskan, dalam tahapan ini, KPU Kabupaten wajo melakukan koordinasi dengan pihak perguruan tinggi terhadap keaslian ijazah para bacaleg.

"Dicocokkan dengan data alumni yang dimiliki oleh pihak perguruan tinggi, sehingga kami memiliki data dukung yang dibutuhkan selama masa pencermatan dilakukan," kata Iin.

Saat melakukan pengecekan ijazah, di tiga perguruan tinggi tersebut, lanjut Iin, tidak mendapatkan masalah. "Tidak ada masalah," tutupnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan