Sambutan Perdana, Pj Wali Kota Ungkap Parepare Salah Satu Kota Terbaik

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Penjabat Walikota Parepare Akbar Ali mengungkapkan bahwa Kota Parepare masuk salah satu kota terbaik diantara seluruh kota besar maupun kota kecil.

Hal tersebut diungkapkan putra kelahiran Sidenreng Rappang ini, dalam sambutan perdananya usai acara serah terima jabatan dengan Walikota Parepare masa jabatan 2018-2023 Taufan Pawe dan Pangerang Rahim, yang digelar di Auditorium BJ Habibie, Rabu (1/11/2023).

"Saat bertugas menjadi direktur evaluasi kinerja pemerintah daerah, kebetulan saya bertugas di sini (kota Parepare), dan Alhamdulillah Kota Parepare masuk salah satu kota terbaik diantara seluruh kota besar maupun kota kecil, ungkap alumni STPDN ini.

Keberhasilan tersebut bukan tanpa alasan, keberhasilan Pemerintah Kota Parepare kata lulusan Universitas Padjajaran ini, karena Kota Parepare dipimpin oleh seorang Walikota dan Wakil Walikota yang memiliki jam terbang yang sangat tinggi.

"Beliau adalah putra Sulawesi Selatan bukan hanya lagi sebagai tokoh daerah, tokoh sulawesi selatan, tapi menjadi salah satu tokoh-tokoh nasional yang patut kita banggakan, "tandasnya.

Akbar juga mengaku percaya diri menerima amanah memimpin Parepare, karena profesionalisme aparatur pemerintahannya yang tinggi, yang merupakan warisan mantan walikota, Taufan Pawe.

"jarang politikus yang bisa memimpin daerah, berbarengan pemimpin partai sebagai ketua pada level provinsi. Tetapi beliau (Taufan Pawe) di tengah-tengah kesulitan menjadi pimpinan partai politik juga menjadi pimpinan sebuah daerah Kota Parepare. Ternyata resepnya ditopang oleh perangkat-perangkat pemerintah daerah yang memiliki loyalitas tinggi, "terangnya.

Ia berharap apa yang dimiliki perangkat-perangkat daerah ini, itu juga ditanamkan selama saya menjabat, sehingga terbukti bahwa beliau (taufan pawe) memiliki perangkat yang profesinal.

"Jangan sampai malah kendor atau grafiknya turun. Karena penjabat walikota memiliki kewenangan yang sama dengan walikota. Bisa melakukan penyegaran organisasi dalam pemerintahan. Jika ada ASN tidak bisa dibina atau tidak bisa diluruskan, maka terpaksa kita akan patahkan, seperti sistem pembinaan ASN yang dilakukan walikota sebelumnya," tegasnya.

Sementara mantan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, yakin Parepare lebih baik lagi dikepemimpinan Penjabat Walikota.

"Pj gubernur juga meyakinkan saya, jika yang melanjutkan kepemimpinan di Parepare memiliki pribadi yang sangat baik, dan mampu membaca kondisi agar Parepare menjadi lebih baik," tandasnya. (Yanti)

  • Bagikan