Bachtiar Adnan Kusuma “Berguru Pada Dr.H.M. Amir Uskara, Rajin Mencatat dan Membukukan Tulisannya”

  • Bagikan
Ketua Fraksi PPP DPR RI Dr.H.M.Amir Uskara, Berdiskusi dengan Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma, Sabtu Tgl 11 November 2023 di Sungguminasa, Gowa

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tokoh Literasi yang juga Deklarator Nasional Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia Pusat dan Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, memberi penilaian kepada Tokoh Nasional kelahiran Pallangga, Kabupaten Gowa, Dr.H.M. Amir Uskara, terkait produktivitasnya menulis dan membukukan karyanya dalam sebuah buku.

Bachtiar Adnan Kusuma, memberi apresiasi tinggi atas kepedulian dan perhatiannya yang besar kepada Ketua Fraksi PPP DPR RI yang juga Wakil Ketua Komisi XI DPR ini, yaitu di tengah kesibukannya, masih saja tetap menyempatkan diri rutin menulis dengan berbagai tema dan fenomena nasional yang ditulis, kemudian tersebar di berbagai media online nasional, lokal di Indoensia.

“Kami salut dan memberi apresiasi tinggi kepada Dr. AU yang begitu konsen dan komitmen menjaga dan merawat budaya menulisnya, kemudian diterbitkan menjadi buku yang ekositis” kata Bachtiar Adnan Kusuma, Minggu 12 November 2023 di Makassar.

Menurut BAK, ketokohan dan kemampuan intelektual yang dimiliki Pak AU tercermin lewat Beranda Kolom atau catatan-catatannya yang berseliweran di publik ia penggal, ramu, ditimbang lalu memberikan penguatan sesuai dengan perkembangan Nasional. Hasil pergumulan pikiran itu akhirnya disajikan dalam sebuah tulisan yang apik, kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku bertajuk” Refleksi dan Catatan Amir Uskara Dari Senayan”.

Berikutnya, menurut Deklarator Nasional Guru, Pustakawan Menulis Satu Buku Indonesia ini, seorang politisi berkewajiban moral untuk bersuara, bila perlu dengan nada lantang mewakili rakyat secara lisan di sidang-sidang parlemen, karena habitatnya begitu untuk berbicara (parler). Namun ia terasa istimewa jika politisi dapat menuangkan buah pemikirannya dalam wujud tulisan baik berupa artikel ringan maupun yang lebih serius: buku. “Tidak banyak politisi yang sanggup menulis, mungkin karena ketiadaan waktu, atau bisa jadi naluri dan DNA tidak berbakat menulis” kata penulis ratusan buku Biografi Tokoh Nasional dan Lokal ini.

Nah, BAK berterus terang tak banyak politisi yang melahirkan tulisan-tulisan, entah berupa tinjauan, analisis, opini di surat kabar, alih-alih melahirkan buku. Yang kita tahu, politisi Andi Mappetahang Fatwa (Alm) -- oleh MURI pernah ditasbihkan sebagai politisi yang paling banyak melahirkan buku. Sudah ribuan politisi duduk di Senayan, namun hanya segelintir dari mereka yang melegasikan “buah pena”. Tulisan adalah cerminan pribadi politisi, dari sana orang bisa menakar kapasitas sebagai anggota dewan yang patut dan memiliki cakrawala.

Karena itu, BAK mengakui kalau di tengah langkanya politisi yang menulis, kita bersyukur tampil Dr.H.M. Amir Uskara, disela-sela kesibukannya sebagai anggota DPR-RI mencuri-curi waktu untuk menorehkan percikan pemikirannya. Setiap saat ada saja momen-momen penting dan sayang untuk ia dilewatkan. Buat seorang politisi dan Dr.H.M. Amir Uskara membuktikan menjaring pelbagai informasi dan data yang diolah menjadi sebuah tulisan yang menarik. Berbagai kebijakan atau sebuah ihwal yang aktual ia tinjau sebagai orang yang berada di sekitar dapur pemerintahan. Dan itu dilakukan dengan antusiasme.

Dan yang kita apresiasi dari penulis Buku “Refleksi dan Catatan Amir Uskara Dari Senayan” yang diterbitkan Yapensi, pada November 2023 ini, adalah membuktikan kerajinannya mencatat, --- yang bagi umum tak minat dilakoni betapapun piranti teknologi memudahkan untuk itu. Tapi Dr.H.M.Amir Uskara dai berbagai tulisan yang diterakan, terlihat cakupan wawasan, pengetahuan, dan bacaan yang luas, dengan rupa-rupa tema, dalam perspektif politik, ekonomi, sosial, budaya dan ekonomi mikro dan keuangan yang memang menjadi tumpuan Amir Uskara untuk mengulas.

  • Bagikan