Kemenkumham Sulsel Laksanakan Monev Penanganan Pengaduan, Pembangunan ZI dan Pemberitaan Positif di 3 UPT Berbeda

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Tim Monitoring Evaluasi (Monev) yang berasal dari Subbagian Humas RB dan TI pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), melakukan monev penanganan pengaduan, pembangunan Zona Integrtias (ZI), dan pemberitaan positif melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan media lainnya. Monev dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu 27-29 November 2023 di 3 Unit Pelaksanan Teknis (UPT) berbeda yaitu Rutan Kelas IIB Pinrang, Rutan Kelas IIB Enrekang, dan Rutan Kelas IIB Makale.

Adapun tim monev yang bertugas yaitu koordinator Fauzul Rijal Muhammady, Daniel Orlando, dan Akbar Ainur Ramadhan. Kedatangan tim monev ini diterima langsung oleh pimpinan beserta jajaran pada ke-3 UPT tersebut.

Koordinator Tim Fauzul mengatakan sesuai dengan arahan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak, kegiatan monev ini dilaksanakan guna mengevaluasi pelaksanaan penanganan pengaduan pada ke-3 UPT tersebut apakah telah dilakukan dengan benar, memastikan keberlanjutan pelaksanaan pembangunan ZI, dan memastikan pemberitaannya bernada positif dan tayang di situs SIPPN beserta media lainnya.

Secara teknis, Fauzul jelaskan terkait dengan penanganan pengaduan, tim monev memeriksa berbagai kanal pengaduan yang ada. Dari ke-3 UPT tersebut, rata-rata pengaduan yang diterima nihil. “Justru kebanyakan hanya permintaan informasi dari masyarakat,” ungkap Fauzul.

Berikutnya terkait dengan pembangunan ZI, Fauzul jelaskan tim monev melakukan pemeriksaan capaian kegiatan Pembangunan ZI, serta mengidentifikasi hambatan/permasalahan sehingga tim monev dapat memberikan upaya perbaikan.

Lalu terkait dengan pemberitaan positif, Fauzul mengapresiasi atas pemberitaan bernada positif dan netral yang telah tayang di sejumlah kanal media online, terutama Rutan Makale yang intens mempublikasikan beritanya di situs SIPPN milik Kemenpan RB. “Kepala jajaran Rutan Pinrang dan Rutan Enrekang, saya meminta agar pemberitaan positif dapat dipublikasikan juga di situs SIPPN,” pesan Fauzul.

Disamping itu, Fauzul meminta jajarannya untuk menjaga kondusifitas di 3 UPT tersebut. "Hal ini penting agar jangan sampai ada kejadian viral/pemberitaan negatif yang justru merusak citra ke-3 UPT tersebut,” pinta Fauzul.

Adapun jajaran dari ke-3 UPT tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan tim monev dari Kanwil Kemenkumham Sulsel guna melakukan bimbingan dan pembinaannya kepada seluruh jajaran dan pelaksana pada 3 UPT tersebut. (*)

  • Bagikan