KPU Sulsel Siap Jika Ditunjuk jadi Tuan Rumah Debat Kandidat Capres-Cawapres 2024

  • Bagikan
Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Sulsel, Hasruddin Husain

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, siap jika kelak KPU RI mempercayakan untuk menjadi tuan rumah sesi berikutnya terkait debat kandididar Capres-Cawapres 2024 yang dihelat selama 5 kali.

"Kami KPU Sulsel selalu siap, jika KPU RI mempercayakan tuan rumah debat kandidat capres-cawapres 2024. Apalagi jadwal debat 5x," kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Sulsel, Hasruddin Husain, Senin (4/12/2023), saat ditemui di kantor KPU Sulsel.

Kendati persiapan kedepan, kata mantan komisioner KPU Parepare itu. Semua keputusan ada di KPU RI, pihaknya selaku KPU di Daerah perpanjangan tangan dari pusat saip menjalankan apa menjadi keputisan bersama.

"Semua keputusan di KPU RI, kami di daerah (KPU Sulsel) siap jalankan apa menjadi keputusan. Jadi, kami juga siap kapan saja jika KPU Sulsel tuan tumah jadwal debat Capres atau Cawapres," jelasnya.

Diketahui, saat ini KPU RI sudah menyiapkan jadwal penyelenggaraan kampanye dengan metode debat untuk Pemilu Presiden 2024. Debat berlangsung selama lima kali, dimulai dari Desember 2023 sampai Februari 2024. Capres 3 kali, cawapres 2 kali.

Debat pertama dan kedua digelar pada 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024.

Dengan demikian, Hasruddin Husain menuturkan bahwa dari lima debat capres-cawapres, dua di antaranya akan digelar pada bulan depan. Belum ada jadwal pasti, maka peluang Sulsel menjadi pilihan sangat terbuka jika KPU RI bersedia.

"Kan 5x debat, belum diputuskan lokasi dimana saja. Kalau KPU RI memutuskan Sulsel menjadi salah satu lokasi debat kami terima dan jalankan sesuai arahan pusat. Apalagi Makassar episentrum dari Barat dekat, dari Timur juga dekat bisa akses," tutur Hasruddin Husain.

Dia menambahkan, pihak KPU Sulsel belum menerima jadwal resmi lokasi debat dari KPU RI. Hanya saja mengantisipasi segala kemungkinan, maka pihaknya tetap melakukan segala hal sambil menunggu informasi pusat.

"Sampai hari kami belum pernah menerima informasi dengan lokasi debat capres, kalau sudah ada informasi yang sekaitan beredar masyarakat pelaksaan debat lima kali. seperti apa teknisnya,? Kami menunggu petunjuk teknis dari KPU RI. Sulsel kami hanya impelemtator  apapun perintah UU siap melaksanakan," jelasnya.

Sebelumnya juga, Komisioner KPU RI, Idham Holik membeberkan ada kemungkinan lokasi debat capres-cawapres Pilpres 2024 dilakukan di luar kota Jakarta.

"Namun kami belum bisa membeberkan kepada awak media, terkait lokasi pasti debat capres-cawapres," ujarnya.

Kemudian, Idham memberikan bocoran, jika debat capres-cawapres. KPU sedang membahas lokasi debat yang mungkin dilakukan di Jakarta dan juga luar Jakarta.

Hanya saja, KPU juga meminta pertimbangan bersama yakni koordinasikan dari masing-masing calon, kalau agar usulkan ke satu kota di luar Jakarta keberatan atau diterima.

"Kami KPU masih diskusikan adalah tempat debat, tahun sebelumnya semuanya di Jakarta, sekarang ada wacana di kita tidak semua di Jakarta (tapi ada juga rencana diluar Jakarta)," tukasnya.

Diketahui, dalam Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilu, debat capres-cawapres dilangsungkan selama 150 menit, dengan rincian 120 menit untuk segmen debat, dan 30 menit untuk jeda iklan.

Model debat dilakukan dengan format kandidat-moderator, dengan pendalaman materi akan dipandu oleh moderator.

Pasangan capres-cawapres diperbolehkan mengundang tim kampanye masing-masing maupun tamu undangan lain untuk menghadiri acara debat.

Secara umum, KPU mengatur bahwa tema debat merujuk pada "visi nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan memedomani Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN)".

Tema debat ditetapkan setelah KPU berkoordinasi dengan pasangan capres-cawapres dan/atau tim kampanye masing-masing pasangan calon.

Berikut jadwal debat capres-cawapres terbaru dari KPU:

  1. Selasa, 12 Desember 2023
  2. Jumat, 22 Desember 2023
  3. Minggu, 7 Januari 2024
  4. Minggu, 21 Januari 2024
  5. Minggu, 4 Februari 2024

Berikut tema-tema debat capres-cawapres 2024:

  • Debat pertama: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.
  • Debat kedua: Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.
  • Debat ketiga: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.
  • Debat keempat: Energi, SDA, SMN, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat.
  • Debat kelima: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

(Yadi/B)

  • Bagikan