Kekuatan PPP Dapil Sulsel III: Bertekad Kembalikan Kursi Hilang

  • Bagikan
Dokumen Rakyat Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Sulawesi Selatan ingin mengembalikan kursi yang hilang di daerah pemilihan (dapil) Sulsel III DPR RI pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

Diketahui, Partai Berlambang Kabah ini pernah meraih kursi di dapil meliputi Kota Palopo, Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur periode 2014-2019 dengan mendudukan mantan Bupati Sidrap Rusdi Masse Mappasessu (RMS), Fatmawati Rusdi. Namun 2019 lalu Fatmawati memilih hijrah dan bergabung dengan Partai NasDem.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PPP Sulsel, Yusran Sofyan menyatakan, pemilu kali ini pihaknya berupaya merebut kembali kepercayaan dan dukungan rakyat. Partainya tidak hanya berusaha merebut kursi. Namun, juga bertekad memberikan solusi nyata terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Program-program pembangunan dan kesejahteraan menjadi fokus utama PPP dengan harapan dapat meraih dukungan luas dari pemilih.

"Untuk saat ini memang yang perlu kerja ekstra adalah di Dapil Sulsel III. Mungkin akan di atensi khusus oleh DPP dalam hal ini Waketum (Amir Uskara)," kata Yusran Sofyan.

Mantan Wakil Ketua DPRD Sulsel ini mengungkapkan bahwa memang selama ini partainya lebih didominasi oleh kalangan generasi tua atau Gen X yang lahir pada 1965-1980 yang sekarang berusia 40-55 tahun.

Namun demikian, pemilu mendatang PPP berusaha mendulang suara dari pemilih generasi milenial atau generasi Z. Apalagi Ketua PPP Sulsel saat ini dinahkodai Imam Fauzan Amir Uskara yang notabene masuk kalangan milenial.

"Tetapi dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi, suara kalangan anak muda yang selama ini mungkin tidak banyak meminati PPP, itu kita coba untuk rekonsiliasi ulang untuk bagaimana menjadikan PPP itu sebagai partai yang memiliki daya tarik," ujarnya.

Untuk menggaet dukungan dari generasi muda, PPP akan menawarkan kondisi era sekarang, seperti menawarkan lapangan pekerjaan. Olehnya itu, PPP telah menggulirkan strategi yang berorientasi pada keterlibatan langsung dengan masyarakat luas.

Mengadakan pertemuan terbuka, forum diskusi, dan pendekatan inklusif menjadi landasan untuk membangun kembali kepercayaan dan memenangkan hati pemilih Sulsel III.

Ketua PPP Sulsel, Imam Fauzan Amir Uskara mengatakan, partai berlambang Kabah ini akan mengalami peningkatan perolehan kursi di Pileg nanti, baik DPR RI, DPRD Provinsi maupun Kabupaten/kota.

Untuk kursi DPR RI, pihaknya meyakini akan mendudukkan kadernya di masing - masing dapil. Di mana Pileg 2019, PPP hanya mengantongi dua kursi dari tiga dapil di Sulawesi Selatan.

"Untuk DPR RI saat ini kami memiliki 2 kursi dan kami janji 3 kursi tahun depan," singkatnya.

Manajer Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI) Nursandy Syam mengemukakan, perjuangan PPP untuk merebut kursi di dapil Sulsel III cukup sulit.

  • Bagikan