Unhas Bekali Siswa SMAN 1 Maros Bermedia Sosial

  • Bagikan
BEKALI SISWA BIJAK BERMEDSOS. Suasana Sosialisasi Pembudayaan Penggunaan Media Sosial Sehat Bagi Generasi Muda Menghadapi Pemilu 2024 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Maros, Senin, (18/12/2024). (Suryadi/RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKSUL - Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unhas menggelar kegiatan pengabdian masyarakat terpadu yang bertajuk Sosialisasi Pembudayaan Penggunaan Media Sosial Sehat Bagi Generasi Muda Menghadapi Pemilu 2024 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Maros, Senin, (18/12/2024).

Kegiatan ini dihadiri 40 orang siswa yang nanti menjadi pemilih pemula di Pemilu 2024. Hadir sebagai narasumber sosialisasi Ketua Departemen Antropologi FISIP Unhas, Tasrifin Tahara, Sekretaris Departemen Antropologi Unhas, Icha Musywirah Hamka, dan Jayana Suryana.

Ketua Departemen Antropologi FISIP Unhas, Tasrifin Tahara mengatakan, media sosial telah menjadi bagian dari kebudayaan generasi milenial.

"Hari ini, media sosial itu telah menjadi bagian dari kebudayaan generasi Z. Sehari-hari mereka bermedia sosial," ujarnya.

Menurutnya, mereka GenZ sangat akrab dengan media sosial, sehingga penting dipersiapkan agar tidak terjebak dengan informasi hoaks yang menyesatkan mereka. Maka penting dipahami bagaimana bermedia sosial yang baik dan cerdas.

"Sehingga, generasi muda tidak saja akrab dengan media sosial tetapi bisa terhindar dari penyalahgunaan media sosial, serta mampu memanfaatkannya untuk kualitas pribadi mereka," ungkap Tasrifin Tahara.

Tasrifin Tahara menambahkan, kegiatan sosialisasi seperti itu bukan yang pertama dan terakhir. Dia berharap dapat melakukan hal yang sama di sekolah lain di provinsi Sulawesi Selatan agar generasi muda bangsa makin melek dan berkualitas menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

"Semoga kegiatan ini bisa berkontribusi meningkatkan pemahaman generasi Z, khususnya siswa SMA, dalam menggunakan media sosial dengan baik dan bermutu," harap Tasrifin Tahara.

Sedangkan, Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Maros, Mustakim menyambut baik kegiatan pemberdayaan yang dipimpin oleh Tasrifin Tahara.

Dalam sambutannya, Mustakim sangat mengapresiasi Departemen Antropologi Unhas yang mengadakan sosialisasi tersebut. Kegiatan semacam itu, menurutnya, sangat penting bagi generasi muda agar tidak terjebak dalam informasi yang tidak benar, seperti berita hoaks yang banyak memenuhi media sosial mereka sehari-hari.

"Kami sangat mengapresiasi Departemen Antropologi FISIP Unhas telah berkunjung ke SMAN 1 Maros untuk berbagi memberikan kiat-kiat memahami berita hoaks yang berkembang di media sosial," jelas Mustakim. (Suryadi/A)

  • Bagikan