Pemprov Sulsel Mulai Bahas Pengusulan Formasi PPPK 2024

  • Bagikan
Ilustrasi PPPK

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan mulai membahas pengusulan penerimaan formasi PPPK tahun 2024 ini. Pemprov rencananya akan mulai melakukan rapat pada, Senin (8/1/2024).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel menyampaikan, pihaknya bakal mengusulkan kuota untuk PPPK 2024 itu mencakup jumlah tenaga non ASN Pemprov Sulsel saat ini.

Kata dia, pengusulan kuota itu akan dilakukan ke pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), meski Pemerintah Pusat telah mengumumkan total kuota penerimaan tahun ini, secara khusus belum ada pembagian besaran kuota masing-masing wilayah.

“Belum ada jatah-jatahan, makanya kita usulkan dulu, nanti mereka tetapkan berapa untuk Sulsel,” paparnya.

Ia mengatakan, pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan OPD lingkup Pemprov Sulsel terkait dengan kebutuhan yang diinginkan oleh masing-masing OPD.

“"Diminta dulu kebutuhan setiap perangkat daerah di bagian mana saja, kita usulkan, kalau saya sebanyak-banyaknya persiapan formasi. Kan mereka yang tetapkan dari Kemenpan RB,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa dalam penerimaan PPPK tahun ini ada skala prioritas. Yakni, bagi para non ASN yang sudah mengabdi lama.

"Kita mau tekankan untuk memprioritaskan (usulan) non ASN yang sudah mengabdi di tempat kerjanya masing-masing. Minimal 2 tahun pengabdian," paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian BKD Sulsel Yessy Yoanna Ariestiani memaparkan, dari total 2.362 PPPK yang lolos tahun 2023, sebanyak 1.283 merupakan non ASN lingkup Pemprov Sulsel.

Sebelum pengumuman tersebut, jumlah non ASN lingkup Pemprov Sulsel sebesar 10.183 orang. Namun, angka tersebut masih relatif karena proses pendataan belum rampung sepenuhnya.

“Untuk pembahasan pengusulannya baru mau dimulai besok (hari ini),” bebernya saat Rakyat Sulsel melakukan konfirmasi, (7/1/2024).

Sebelumnya diberitakan, Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 bakal segera dibuka pemerintah. Kabar baiknya, lulusan baru atau fresh graduate mendapat formasi yang cukup besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan