BTN Syariah Hadirkan Klaster Perumahan UINAM

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Untuk mengoptimalkan kinerja layanan perbankan syariah, BTN Syariah perluas cakupan nasabah hingga lingkup kampus. Kali ini, menggandeng UINAM untuk pengadaan klaster perumahan.

Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk Kantor Cabang (KC) Syariah Makassar, tentang pemanfaatan jasa dan layanan perbankan di Gedung Rektorat UINAM, Senin, 8 Januari 2024.

Branch Manager Bank BTN Kantor Cabang (KC) syariah Makassar, Hasrul menuturkan pihaknya terus berupaya agar pemanfaatan jasa dan layanan perbankan terus bergeliat. Salah satu hal yang dilakukan ada lah menjajal kerja sama di berbagai sektor.

Salah satunya dengan pengadaan klaster perumahan khusus untuk UINAM. Apalagi, kata dia, saat ini fokus utama pihaknya adalah pembiayaanperumahan. Ada beberapa pengembang yang bisa dikerjasamakan.

"Ini bagus jika ada kesatuan khusus di UINAM yang menangani soal ini, khususnya yang mau mengambil KPR, akan ada bene�t khusus didapatkan," katanya.

Kemudian adapula layanan lainnya seperti pelaksanaan magang dan penelitianmahasiswadan dosen UINAM. "Kita juga sudah ada kerja sama soal beasiswa, sisa penyampaian ke kami, kita bermohon kepusat untuk menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan UINAM, karena pengelolaan anggaran beasiswa ini langsung ke pusat," terangnya.

Rektor UINAM, Prof Hamdan Juhannis menuturkan dalam menjalin kerja sama dengan perbankan pihaknya sangat selektif. Sebab ada beberapa hal yang mesti dikomunikasikan.

Olehnya,pihaknya melakukan beauty contes untuk menyeleksi perbankan dan BTN Syariah salah satu yang lolos dan memenuhi syarat untuk itu. "Dengan MoU ini berarti sudah ada payung hukum kerja sama kita, setelah ditandatangani akan ada turunannya berupa perjanjian kerja sama," ucapnya.

Menurut dia, kerja sama dengan BTN Syariah sebenarnya sudah lama diinisiasi. Sehingga, melalui kerja sama ini akan dilihat potensi yang bisa dimaksimalkan pada aspek pemanfaatan jasa dan layanan perbankan.

BTN selalu identik dengan perumahan dan pihaknya bisa kerja sama untuk itu, di mana insti- tusi punya penggalaman dengan rumah BTN, ini menjadi khas bagi pihaknya karena kerja sama dengan bank syariah, jadi lebih islami jika menggunakan layanan ini.

Kemudian kata dia aspek lain yang bisa dikuatkan adalah terkait dengan pelaksanaan magang mahasiswa UINAM di BTN Syariah dan juga join riset yang dibutuhkan
UINAM.

"Mahasiswa kita 27 ribu orang dosen kita lebih 1.000, aktivitas transaksi kita cukup besar. Makanya kita butuh perbankan untuk pengembangan kita, bank harus berkontribusi buat kita dari segi tata pengelolaan," terangnya. (FAJAR)

  • Bagikan